Connect with us

Berita Kaltara

Progres Pelaksanaan Pembangunan Kantor DPRD Kaltara Capai 45 Persen

Published

on

Lokasi proyek pembangunan kantor DPRD Provinsi Kalimantan Utara di Kota Baru Mandiri Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.

– Rencananya bulan Agustus 2023 gedung kantor ini akan diresmikan oleh Gubernur Kaltara.

TANJUNG SELOR – Progres pelaksanaan pembangunan kantor DPRD Provinsi Kalimantan Utara yang berlokasi dikawasan Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor, Bulungan, cukup signifikan, PPK proyek optimis akhir tahun ini rampung secara keseluruhan.

Kepastian itu disampaikan oleh Arif Nurakhman ST, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek tersebut kepada media ini, Kamis 19/1/2023.

“Secara umum progres pembangunan nya sudah mencapai 45 persen, ” ujar Arif.

Pekerjaan saat ini kata dia, sudah sampai ketahap pemasangan atap bangunan. Dimana untuk pendestal nya sudah tuntas terpasang, sedangkan untuk pemasangan rangka utama masih menunggu Kren dengan kapasitas derek 55 ton tiba dilokasi, yang insha Allah juga akan datang dalam Minggu ini.

Pekerjaan mekanikal elektrikal sudah pula dituntaskan. “Pada pengerjaan dinding saat ini sedang berjalan, diharapkan semuanya akan segera rampung terpasang, ” tandasnya.

Termasuk pada pengerjaan struktur lain nya. Sedangkan pada bangunan sisi wing kiri sudah dikerjakan pada lantai duanya.

Sementara pada bagian utama bangunan, pengerjaan struktur nya sudah tuntas seratus persen. “jadi yang masih dalam tahap proses pengerjaan yakni pada sisi bangunan wing kanan dan kiri dari keseluruhan bangunan induk, ” tandas Arif.

Untuk bangunan kantin, juga sudah masuk dalam tahap pematangan lokasi. Jadi targetnya setelah pengerjaan tanah selesai maka pembangunan kantin sudah bisa dimulai.

Menyoal lokasi pembangunan kantin, Arif menambahkan ada sedikit tingkat kesulitan, lantaran lokasi yang persis berada di hamparan bebatuan yang cukup keras.

“Dari target 4 bulan, sekarang sudah 8 bulan bebatuan yang terhampar di lokasi kantin masih belum sepenuh nya bisa diratakan, tapi dalam waktu dekat kita optimis pekerjaan tanah ini segera rampung, ” tukasnya.

Di tanya kapan pembangunan rumah jaga dimulai, Arif menegaskan akan dimulai bersamaan dengan pembangunan pagar bangunan.

“Sekarang yang kita utamakan adalah bangunan gedungnya, agar nanti nya pada pelaksanaan HUT Kaltara pemakaian sekaligus peresmian gedung bisa dilaksanakan.

Khusus pengerjaan jalan dan taman, akan bisa dimulai setelah seluruh material bangunan yang tertumpuk disana sudah terpasang dibangunan. “Untuk material juga sudah semua ada di lokasi, seperti granit, ACP, yang belum tiba di lokasi hanya AC saja, ” kata Arif Nurakhman.

Melihat kemajuan pekerjaan, pihaknya juga optimis semuanya bisa dirampungkan akhir tahun 2023 ini. Mengingat saat ini pelaksana pembangunan sudah masuk ketahap pengerjaan arsitektur. *jk/kjs.

DPRD Bulungan

H Hamka : “Selamat dan sukses atas digelarnya musayawarah DAD Kaltara”

Published

on

H Hamka S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Wakil Ketua DPRD Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, H Hamka S IP, menyampaikan ucapan selamat atas dilaksanakan musyawarah Dewan Adat Dayak (DAD) Kaltara yang sukses digelar beberapa waktu lalu.

Ucapan selamat itu disampaikan nya melalui media ini, Sabtu, 26/1/2023.

“Semoga dengan terbentuknya DAD Kaltara ini menjadi perekat dan menjaga kekompakan keluarga besar Dayak khususnya dan komunitas lain pada umum nya, ” kata Hamka.

Dan dapat membantu serta bersenergi dengan pemerintah kabupaten kota se Kaltara dalam memacu pertumbuhan ekonomi serta percepatan pembangunan disegala bidang..

Yang tidak kalah penting dapat mewujudkan kesejahtraan masyarakat Dayak yang merupakan suku asli Kalimantan.

“Sekali lagi saya menghaturkan ucapan selamat kepada seluruh jajaran pengurus dan anggota DAD Provinsi Kalimantan Utara, ” tutup H Hamka. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Kaltara

Ini Rangkuman Agenda Kerja Fenry Alpius Wakil Ketua Komisi III DPRD Kaltara di PLTA Mentarang

Published

on

Fenry Alpius SE M Si Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Warga desa Paking kabupaten Malinau menyambut baik rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mentarang, hal itu disampaikan warga saat agenda kegiatan Wakil Ketua Komisi III DPRD Kaltara,.Fenry Alpius SE M Si ke desa tersebut beberapa waktu yang lalu.

Akan tetapi kata Fenry Alpius yang kerap disapa FA itu menambahkan, terkait pembangunan PLTA tersebut nantinya yang dimulai dari pekerjaan hingga beroperasi yang pasti akan bermanfaat secara luas kepada masyarakat Kalimantan Utara, khususnya warga yang ada di Kabupaten Malinau.

Namun yang paling penting sebelum melaksanakan kegiatan disana adalah relokasi masyarakat, agar warga yang terdampak benar-benar direlokasi pada tempat yang sesuai dimana mereka berada sebelumnya.

Pada pertemuan dengan masyarakat itu juga lanjut nya, terkait desa Paking yang jaraknya dengan lokasi bendungan sekitar 5 kilometer. Sesuai pernyataan masyarakat desa Paking tersebut desa mereka tidak termasuk desa yang terdampak oleh perusahaan yang membangun PLTA.

“Inikan menjadi pertanyaan masyarakat disana padahal desa Paking dengan lokasi bendungan sangat dekat sekali, ” tegas Fenry.

Padahal anggapan masyarakat dan kita dari Komisi III bahwa desa Paking dimaksud adalah desa yang terdampak. “Itulah yang menjadi harapan kami dari komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Utara, ” ujar Fenry Alpius.

Hal lain dalam merekrut tenaga kerja di PLTA yang ada di Mentarang, dari Komisi III dengan tegas meminta masyarakat yang ada di Kabupaten Malinau di prioritaskan. Kalau sudah mencukupi baru merekrut warga lain yang ada di Kalimantan Utara.

Demikian juga untuk hasil pertanian warga seperti sayur dan ikan hasil tangkapan nelayan setempat maupun daging dan sebagainya bisa diterima (dibeli) oleh pihak perusahaan.

Karena dengan hasil pertanian dari warga itu, yang dijual kepihak perusahaan akan secara langsung bisa menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat setempat.

Demikian pula nantinya apabila pihak perusahaan tidak mau menerima itu, maka ini juga akan menjadi masalah.

“Oleh sebab itu saya selaku wakil ketua komisi III Provinsi Kalimantan Utara berharap pembangunan PLTA tersebut dapat memanusiakan manusia yang ada disitu, dan pembangunan nya betul-betul sangat berdampak positif bagi masyarakat secara luas, ” pungkas Fenry.

Yang tidak kalah penting lagi, seperti yang disampaikan warga, nantinya apakah PLTA akan menggratiskan listrik bagi warga sekitarnya. “Itu juga menjadi pertanyaan mereka soal komitmen dari perusahaan dan negara terkait dengan itu, ” tutup Fenry Alpius. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

Hadiri Agenda Musrenbang, Mansyah Paparkan Program Pokir DPRD

Published

on

Mansyah MIM SH anggota DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Mansyah SH anggota DPRD Bulungan, Rabu 25/1/2/2023 kemarin, berkesempatan memaparkan beberapa program pembangunan melalui anggaran aspirasinya di acara Musrenbang Kelurahan Tanjung Palas Hilir, kecamatan Tanjung Palas.

Usai acara dilaksanakan, kepada media ini ia mengungkapkan, bahwa dari para ketua RT banyak mengusulkan pembangunan.

“Hanya saja di acara ini saya hanya memaparkan anggaran Pokir dari anggota dewan, jangan sampai nantinya program yang akan dilaksanakan tumpang tindih dengan program yang dari kelurahan, ” ujarnya.

Menurutnya, selain dia ada beberapa anggota dewan yang mengarahkan Pikirnya ke Kelurahan Tanjung Palas Hilir. Diantaranya peningkatan jalan Hj Kasnah, hibah langgar atau mushola Al Ikhsan, bantuan alat tangkap nelayan seperti ketinting dan pukat.

Sebelum digelarnya Musrenbang kelurahan Tanjung Palas Hilir, memang sudah banyak usulan masyarakat yang disampaikan. Seperti usulan tambatan perahu nelayan dan perluasan langgar Lebong.

“Kalau di RT nya pak Masril mengusulkan pembangunan drainase, ” tutur Mansyah.

Yusak Silvanus S Sos Sekretaris Kecamatan Tanjung Palas.

Secara terpisah Sekretaris Kecamatan Tanjung Palas, Yusak Silvanus S Sos, kepada media ini menegaskan, untuk Aplikasi SIPD Kabupaten Bulungan belum diluncurkan, “apakah sudah siap atau tidak saya belum mendapat informasi lagi, ” kata Yusak.

Kalau memang belum bisa diinput ke SIPD saat acara Musrenbang Kecamatan pada tanggal 8 Pebruari nanti, apakah input secara manual pihak kecamatan masih menunggu instruksi dari Bappeda.

“Terkait data valid usulan baru bisa diketahui pada tanggal 8 Pebruari nanti, ” tutup Yusak. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending