Connect with us

Berita Nasional

Pengumuman Pendaftaran dan Pencalonan Anggota Dewan Pers

Published

on

Logo Dewan Pers.

–  Periode 2022-2025

Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) Dewan Pers membuka pendaftaran dan pencalonan Anggota Dewan Pers Periode 2022 – 2025. Pendaftaran dibuka mulai Rabu, 10 November 2021 hingga Jumat, 26 November 2021.

 

Adapun persyaratan pendaftaran sebagai berikut:

Syarat Umum:

1. Memahami kehidupan pers nasional dan mendukung kemerdekaan pers berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

2. Memiliki integritas pribadi.
Memiliki sense of objectivity dan sense of fairness.

3. Memiliki pengalaman yang luas tentang demokrasi, kemerdekaan pers, mekanisme kerja jurnalistik, ahli di bidang pers dan atau hukum di bidang pers.

4. Calon dari unsur wartawan masih menjadi wartawan.

5. Calon dari unsur pimpinan perusahaan pers masih bekerja sebagai pimpinan perusahaan pers.

6. Calon dari unsur tokoh masyarakat ahli di bidang pers dan atau komunikasi, dan bidang lainnya.

Syarat Administrasi:

a. Surat pernyataan kesediaan untuk dicalonkan menjadi anggota Dewan Pers.
b. Bersedia menandatangani dan mematuhi pakta integritas.

c. Membuat surat pernyataan tidak sedang menjadi terdakwa, terpidana atau mantan terpidana, kecuali terkait kasus pidana memperjuangkan kebebasan pers, kebebasan berekspresi dan hak asasi manusia.

d. Menyertakan surat rekomendasi dari salah satu organisasi pers yang telah ditetapkan oleh Dewan Pers.
Menyertakan kartu identitas yang masih berlaku.

e. Menyertakan riwayat hidup.
Menyertakan pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 dua lembar.

f. Calon dari unsur wartawan:
Berkompetensi Wartawan Utama.
Masih menjalankan kerja jurnalistik di perusahaan pers yang memenuhi UU Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers yang dibuktikan dengan surat keterangan dari penanggung jawab media bersangkutan (formulir dapat diunduh dari laman www.dewanpers.or.id).

g. Calon dari unsur pimpinan perusahaan pers masih bekerja sebagai pimpinan perusahaan pers yang dibuktikan dengan surat keputusan pengangkatan dari perusahaan pers bersangkutan yang memenuhi UU Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan oleh Dewan Pers.

h. Calon dari unsur tokoh masyarakat, membuat surat pernyataan tidak sedang bekerja sebagai wartawan, tidak sedang menjadi pimpinan perusahaan pers, tidak sedang menjadi pengurus partai politik, dan pejabat publik.

Formulir:

Formulir surat keterangan untuk calon dari unsur wartawan atau pimpinan perusahaan pers dapat diunduh dari laman www.dewanpers.or.id.
Pakta integritas dapat diunduh dari laman www.dewanpers.or.id.
Berkas pendaftaran/pencalonan diterima mulai Rabu, 10 November 2021 hingga Jumat, 26 November 2021 pukul 24.00 WIB melalui email sekretariat@dewan pers.or.id. Berkas juga bisa disampaikan mulai Rabu, 10 November 2021 hingga Jumat, 26 November 2021 pada jam kerja (pukul 08.00 – 16.00 WIB) ke alamat: Sekretariat BPPA Dewan Pers, Gedung Dewan Pers Lantai 7 Jl. Kebon Sirih No. 32 Jakarta Pusat Telp. (021) 3504877-75.

BPPA Dewan Pers Periode 2022-2025
Ketua: Syafril Nasution (ATVSI)
Sekretaris: Jajang Jamaluddin (AJI)
Anggota:
Atal S Depari (PWI)
Bambang Santoso (ATVLI)
Firdaus (SMSI)
Hendra Eka (PFI)
Herik Kurniawan (IJTI)
K. Candi Sinaga (PRSSNI)
Syamsuddin Hadi Sutarto (SPS)
Wenseslaus Manggut (AMSI).

Editor : Sahri.

Nasional

Kapolda Jatim Berangkatkan 50.789 Paket Bantuan Kemanusiaan

Published

on

Pemberangkatan bantuan kemanusiaan dari Polda Jatim untuk korban banjir Jawa Tengah.

— Untuk Warga Terdampak Banjir Jateng.

SURABAYA – Kapolda Jawa Timur memberangkatkan 50.789 paket bantuan kemanusiaan Polda Jatim peduli Bencana banjir di wilayah Jawa tengah. Kegiatan ini dilaksanakan di Lobby Gedung Tribrata Mapolda Jatim, Jumat (22/3/2024).

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto mengatakan, hari ini Polda Jawa Timur memberangkatkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana banjir di Jateng khususnya di wilayah Demak dan Kudus.

“Ini semuanya kita lakukan berdasarkan Instruksi dari Bapak Kapolri mudah mudahan Polda Jatim ini yang pertama kali mendahului untuk mengirimkan bantuan,” kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Imam Sugianto, Jumat (22/3/2024).

Total bantuan yang disalurkan 50.789 paket meliputi, perlengkapan perorangan sejumlah 724 pack, selimut 4.360 pack, Pampers 6.147 pack, pembalut wanita 7.016 pack dan pakaian layak pakai 11.842 pack.

“Selain itu juga ada makanan dan minuman seperti, biscuit 2.408 dus, pop mie 3.101 dus, susu 1.930 dus, air mineral 2.478 dus, roti kering 905 dan makanan cepat saji 725 dus serta obat obatan sebanyak 9.598 dus,” lanjut Kapolda.

Berdasarkan informasi, bahwa di Demak dan Kudus ada 20 ribuan korban yang sudah di evakuasi ke 125 titik tempat pengungsian. Nantinya bantuan yang kami kirimkan ini akan di drop kesana dan kordinasi dengan Polda Jateng.

“Untuk perbantuan personel ke Jateng, sampai saat ini Polda Jateng masih belum meminta bantuan, namun Polda Jatim sudah siap apabila diminta. Selain itu juga tenaga medis sudah disiapkan kalau memang dibutuhkan,” tegas Kapolda.

“Mudah mudahan apa yang kita lakukan ini bisa menggugah pihak yang lain, mari kita sama sama untuk berempati untuk saudara saudara kita terdampak bencana banjir daerah Kudus dan Demak,” harapnya. **

Continue Reading

Nasional

Rakernis Gabungan 5 Divisi Satker Secara Resmi di Buka Oleh Kapolri

Published

on

Acara pembukaan Rakernis Satker 5 Polri.

JAKARTA – Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo membuka rakernis gabungan sejumlah satker Polri hari ini. Rakernis tersebut dihadiri sejumlah perwakilan pejabat utama Mabes Polri dan para Kapolda hingga polres jajaran secara daring.

Adapun tema rakernis pada tahun ini adalah Jajaran Divisi Polri Siap Mendukung Stabilitas Kamtibmas Yang Kondusif Dalam Proses Demokrasi Guna Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan berkelanjutan.

“Saya kira tema ini memang benar-benar yang harus kita kawal, sehingga rangkaian agenda penting nasional maupun agenda kegiatan apa yang menjadi kebijakan pemerintah bisa kita kawal dengan baik sesuai tupoksi kita,” ujar Jenderal Sigit dalam pembukaan rakernis, Jumat (22/3/2024).

Menurut Kapolri, telah banyak kegiatan yang dilaksanakan setiap satker yang melakukan rakernis hari ini. Jenderal Sigit pun berharap semua terus dilakukan perbaikan demi memberikan yang lebih baik lagi.

Kadiv Propam Polri Irjen. Pol. Syahardiantono melaporkan kesiapan rakernis gabungan kepada Kapolri. Kadiv Propam Polri menyatakan, rakernis gabungan hari ini terdiri dari jajaran Divpropam, Divkum, Divhumas Polri, Divtik, dan Divhubinter.

“Dapat kami laporkan kepada bapak kapolri bahwa peserta rakernis yang hadir saat ini berasal dari lima divisi, yaitu Divpropam, Divhubinter, Divtik, Divkum, dan Divhumas Polri dengan jumlah peserta seluruhnya 589 orang,” jelas Kadiv. **.

Continue Reading

Nasional

Polri Sebut Kamtibmas Pasca Penetapan Pemilu 2024 Berjalan Aman

Published

on

Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko.

— Ucapkan terima kasih ke semua pihak.

JAKARTA – Polri memastikan secara umum situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) berjalan aman, terkendali dan kondusif pasca penetapan hasil Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pelaksanaan kegiatan penetapan hasil pemilu telah dilakukan Rabu kemarin, 20 Maret 2024.

“Polri mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kontribusi penyelenggara pemilu 2024 yaitu KPU RI dan Bawaslu RI, beserta jajarannya,” kata Trunoyudo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Selain itu, ia juga nengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama semua pihak yakni kepada masyarakat dan seluruh elemen bangsa khususnya doa para tokoh-tokoh agama.

“Kemudian para tim pemenang nasional masing-masing calon, dan seluruh partai politik beserta jajaran yang telah menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 sehingga terjaga rasa persatuan dan kesatuan untuk kemajuan bagi masa depan bangsa,” katanya. **.

Continue Reading

Trending