Connect with us

Berita Tokoh Kaltara

Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan Ajak Warga Menjaga Kondusifitas di Kaltara

Published

on

Drs Datu Buyung Perkasa MPd Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan (LAKB) Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan (LAKB), Provinsi Kalimantan Utara, Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, gelar Pangeran Suryoatmodjo, mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat dimanapun berada untuk terus memupuk tali persaudaraan antar sesama tanpa adanya perbedaan.

“Damai itu indah, oleh sebab itu menjadi kewajiban kita bersama untuk menjaganya, agar daerah ini terus kondusif, ” kata Datu Buyung Perkasa.

Muncul nya perbedaan dalam cara pandang itu merupakan hal yang lumrah. Namun jadikan sebuah perbedaan untuk menjadi sebuah kekuatan besar dalam membangun daerah, bukan jadi pemicu perpecahan antar sesama.

“Ingat filosofi nenek moyang kita, hal yang besar dikecilkan dan yang kecil ditiadakan, ” ujarnya.

Untuk membangun daerah agar lebih maju lagi, tentu pula butuh Iklim kondusiftas yang bagus. Maka dengan demikian cita-cita kita untuk menjadikan Kaltara menjadi provinsi yang maju dan berjaya bisa segera terwujud.

Karena nya setiap hal yang bisa memicu SARA sebaiknya dihindari, kasihan anak cucu kita nanti bila kita tidak memupuk kedamaian itu secara terus menerus.

Kewajibanย  bersamalah menjaga wilayah kita masing-masing dari isu yang bisa mengarah kepada perpecahan, bila ada gejala segera laporkan kepada aparat yang berwenang agar segera diambil langkah-langkah untuk mengantisipasi nya.

“Deteksi dini dan kewaspadaan dini itu penting, artinya jangan kita sampai lengah karena kelengahan akibatnya akan merugikan kita semua, ” tutup Datu Buyung Perkasa. *

Reporter : Sahri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tokoh Kaltara

Tokoh Masyarakat Kembali Mendukung HM Nasir Pimpin KONI Kaltara

Published

on

H Batto.

TANJUNG SELOR – Berbagai dukungan terus mengalir kepada H Muhammad Nasir SE agar kembali terpilih memimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) untuk kedua kalinya.

Dukungan tersebut kembali datang dari H Batto,.salah satu pengusaha dan tokoh masyarakat Kalimantan Utara.

“Bapak H Batto sudah memberikan dukungan kepada saya untuk bisa kembali memimpin KONI Kaltara, ” terang HM Nasir SE, kepada media ini, Senin 6/2/2023.

Harapan lain H Batto memberikan dukungan, karena menilai figur HM Nasir mampu membawa KONI Kaltara lebih baik lagi kedepan, asal ada dukungan yang kuat dari seluruh cabor, Termasuk dari jajaran pengurus yang bisa berkerjasama dan sejalan untuk memajukan prestasi olahraga ini.

Menilik kepemimpinan HM Nasir selama menakhodai KONI Kaltara cukup lumayan berhasil baik. Itu dibuktikan dengan keberhasilan mengikuti PON di Papua beberapa waktu lalu.

TIdak hanya itu, pelaksanan Porprov 1 Provinsi Kalimantan Utara juga cukup sukses pelaksanaan nya. Sejak dimulainya pelaksanaan hingga akhir semua Pengcab dan Cabor merasa terlayani dengan baik.

“Harapan saya kelak bila mendapat kepercayaan kembali memimpin KONI Kaltara, akan berkerja semaksimal mungkin untuk kemajuan olahraga didaerah, ” tutup nya. * jk

Continue Reading

Tokoh Kaltara

Lembaga Adat Kesultanan Bulungan Siap Mengawal Kebijakan Gubernur Kaltara

Published

on

Drs Datu Buyung Perkasa MPd Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan (LAKB) Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, beserta jajaran nya mengaku siap mengawal seluruh kebijakan Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum.

“Baik secara pribadi maupun kelembagaan saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kalimantan Utara untuk mendukung kebijakan Gubernur, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur, ” kata Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan, melalui sambungan telpon WhatsAPP, ke Redaksi media ini, Selasa 6/9/2022.

Sejak kepemimpinan Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum sebagai Gubernur Kaltara, menginjak tahun kedua masa kepemimpinan geliat pembangunan sudah mulai terlihat. Misalnya pembangunan kantor DPRD Kalimantan Utara di wilayah kota baru mandiri (KBM) Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, sudah mulai berjalan.

“Saya terima informasi dari media ini untuk pembangunan kantor DPRD Bulan lalu progresnya sudah mencapai 18 persen, ” kata Datu Buyung.

Informasi lain nya, tambah Datu, dalam waktu dekat pembangunan kantor Kejaksaan Tinggi Kaltara, gedung TVRI dan beberapa kantor instansi vertikal lain nya juga mulai akan dibangun.

Kebijakan lain yang tidak kalah penting yaitu dibidang percepatan sumber daya (SDM). Diantaranya menjalin kerjasama dengan Universitas Patria Artha (UPA) Gowa serta beberapa perguruan tinggi lain nya.

Saat ini di Kaltara proyek Kawasan Pelabuhan Internasional Indonesia (KIPI) dan PLTA Kayan dan Mentarang juga terus berprogres.

“Perhatian bapak Gubernur dan ibu terhadap kepentingan masyarakat pinggiran juga terus dilakukan, ” tutur Datu Buyung Perkasa.

Contoh beberapa waktu lalu, ibu Gubernur berkesempatan mengunjungi warga Punan Logpond desa Apung kecamatan Tanjung Selor. Disana ibu Rachmawati SH sempat menyisihkan kan waktu mengajar anak-anak Punan Logpond disekolah rimba yang ada disana.

Selain itu, berkesempatan menyambangi warga Punan dikediaman nya. Menanyakan kebutuhan yang sudah terakomodir maupun belum dirasakan oleh warga tersebut.

“Sekali lagi saya mengajak semua pihak untuk bahu membahu bergandengan tangan mengawal pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah, ” kata Datu Buyung Perkasa. * jk.

Continue Reading

Tokoh Kaltara

Besok Deddy Sitorus Resmi Sandang Gelar Bangsawan Kesultanan Bulungan

Published

on

Drs Datu Buyung Perkasa MPd Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan (LAKB) Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Rencana penganugerahan gelar bangsawan Kesultanan Bulungan, kepada Ir Deddy Yevri Hanteru Sitorus MA, dipastikan dilaksnakan besok, Kamis, 28/10/2021.

 

Penganugerahan gelar kebangsawanan Kesultanan Bulungan tersebut akan dilaksanakan di rumah besar, Tanjung Palas, atau dirumah jabatan Perdana Menteri Sultan Bulungan, di Jalan Kasimuddin tersebut.

“Besok insha Allah pelantikan atau penganugerahan gelar untuk pak Deddy Sitorus akan satu paket dengan Ibu Risma Trismaharini, Menteri Sosial Republik Indonsia, ” kata Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan, Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, gelar Pangeran Suryoatmodjo, melalui telpon selularnya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, setelah resmi menyandang gelar dari Kesultanan Bulungan, maka otomatis Deddy Sitorus menjadi keluarga besar, dan wajib didukung dan dijaga marwahnya oleh seluruh masyarakat adat tersebut, utamanya dari etnis Bulungan khususnya dan warga Kalimantan Utara pada umumnya.

Seperti yang saya bilang sebelum nya, kata Datu Buyung, pemberian gelar kebangsawanan Kesultanan kepada anggota DPR RI ini melalui pantauan dan dari berbagai sudut pandang lembaga adat.

Yang utama antara lain, perhatian Deddy Sitorus terhadap pembangunan infrastruktur yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Yang tidak kalah penting sosok pak Deddy Sitorus juga sangat perhatian terhadap percepatan Sumber Daya Manusia (SDM) putra daerah Bulungan khususnya dan Kalimantan Utara secara umum, ” imbuh Datu Buyung Perkasa.

Secara terpisah, Ir Deddy Yevri Hanteru Sitorus MA, anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, dihubungi melalui telpon selularnya nya, beberapa waktu lalu membenarkan bahwa dirinya dan Menteri Sosial akan dianugerahi gelar kebangsawanan Kesultanan Bulungan di Provinsi Kalimantan Utara.

“Benar, besok saya dan ibu Mensos akan dianugerahi gelar kebangsawanan dari Lembaga Adat Kesultanan Bulungan, ” kata Deddy Sitorus.

Tentu lanjutnya, dengan penganugerahan itu saya pantas mengucapkan rasa sukur, bahwa benar-benar diakui sebagai masyarakat Bulungan khususnya dan Kaltara pada umumnya.

Tentu dengan ini Juga akan menjadi cambuk untuk berbuat yang lebih giat lagi. Khususnya dibidang pembangunan kemasyarakatan dalam arti luas. *

Reporter : Sahri.

Continue Reading
Advertisement

Trending