Connect with us

Berita Nasional

Ketua KONI Tinjau Kesiapan Atlet Selam Kaltara di PON XX Papua

Published

on

Ketua KONI Kaltara HM Nasir SE tengah berbincang dengan atlet selam yang berlaga di PON XX Papua.

– Disebut Agung Supriyanto bisa berpeluang meraih medali 

MIMIKA – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) H M Nasir SE, ditengah kesibukan nya diperhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berkesempatan menyambangi atlet Cabang Olahraga (Cabor) Selam, Selasa 5/10/2021 malam.

“Saya datang untuk menyemangati saudara Agung Supriyanto dan managernya Puji Padmono, ” kata Kstua KONI Kalatara HM Nasir SE kepada kontributor Jurnal Kaltara, Anto, di Mimika, Papua.

Menurut H Nasir, atlet selam Kaltara sesuai jadwal akan bertanding pada tanggal 13 Oktober mendatang, dikelas 5 point’ course dan m course.

Dijelaskan nya, potensi atlet selam ini untuk meraih medali sangat.besar.

Dikesempatan itu Ketua KONI, juga menanyakan hambatan dan kendala apa saja yang dialami atlet selam ini.

“Syukur Alhamdulillah selama di Papua tim atlet selam lancar-lancar saja, * kata HM Nasir.

Lawan terberat, hanya provinsi Jawa Timur. Itu lah yang mendasari Kaltara optimis bisa meraih medali dari Cabor Selam tersebut. *

Kontributor : Anto.
Editor.           : Sahri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Aiptu Supriyanto Dapat Hadiah Sekolah Perwira

Published

on

Aiptu Supriyanto.

— Usai kembalikan uang milik pemudik Rp100 juta.

LAMPUNG – Kapolda Lampung Irjen. Pol. Helmy Santika memberikan penghargaan kepada anggota Polres Lampung Tengah Aiptu Supriyanto atas aksi heroik kepada pemudik. Dia mendapatkan apresiasi atas pengembalian uang senilai Rp100 juta yang tertinggal di rest area.

Irjen. Pol. Helmy kemudian memberikannya hadiah kesempatan sekolah perwira. Sebab, Aiptu Supriyanto dipandang memiliki kejujuran dan profesionalisme sebagai dedikasi serta integritas tinggi saat bertugas.

“Kapolda bangga dengan keberanian dan kejujuran Aiptu Supriyanto. Tindakannya tidak hanya mencerminkan profesionalisme, tetapi juga menegaskan komitmen Polri untuk melayani dan melindungi masyarakat dengan segenap hati,” ujar Kabid Humas Polda Lampung Kombes. Pol. Umi Fadilah mengutip pernyataan Kapolda Lampung, Selasa (16/4/24).

Hadiah sekolah perwira Pendidikan Alih Golongan (PAG) Polri itu pada akhir 2024.

“Kapolda yakin bahwa Aiptu Supriyanto adalah calon pemimpin yang berpotensi dan memiliki kemampuan untuk memberikan kontribusi yang besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Lampung,” ungkap Kabid Humas.

Dengan penghargaan ini, Kapolda Lampung berharap tindakan yang dilakukan Aiptu Supriyanto akan menjadi inspirasi bagi seluruh anggota kepolisian di Lampung dan juga masyarakat umum. Apa yang dilakukannya, dapat mencontohkan orang lain untuk selalu bertindak dengan jujur dan integritas, serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya apresiasi dari Kapolda Lampung, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh anggota yang telah bertugas mengamankan mudik Lebaran 2024. Jenderal Sigit berharap, apa yang dilakukan semua anggota dapat menjadi ladang ibadah dan ampunan dari Allah SWT.

“Saya berterima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel di lapangan yang telah bekerja keras penuh keikhlasan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama bulan suci,” ungkap Jenderal Sigit.

Diberitakan sebelumnya, seorang anggota Polri yang berjaga di Rest Area KM 116 A Tol Trans Sumatera wilayah hukum Polres Lampung Tengah, Aiptu Supriyanto menemukan tas pemudik yang tertinggal di toilet, pada Minggu (14/4/24). Tas pemudik yang tertinggal di paku tembok toilet ternyata berisi uang ratusan juta pecahan uang Rp100 ribuan, Paspor dan HP.

Saat menemukan tas tersebut, Aiptu Supriyanto tak berani membuka sendirian. Ia membawanya ke pos untuk diperiksa bersama security dan OB Rest Area.

Aiptu Supriyanto kemudian mengumumkannya menggunakan TOA masjid di Rest Area setempat didengar oleh pemilik tas, dan mencoba menghubungi ke nomor kerabat yang ada. Setelah tersambung, Aiptu Supriyanto bertemu dengan pemilik di Masjid Rest Area lalu mengembalikan tas pemudik itu.

Diketahui, pemilik tas tersebut adalah Sukisno (55) pemudik yang hendak pulang ke Belitang, Sumatera Selatan, setelah bersilaturahmi ke Pulau Jawa. Sukisno dan keluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada Aiptu Supriyanto yang telah menemukan dan mengembalikan tasnya.

“Terimakasih banyak Pak. semoga Bapak senantiasa diberikan keberkahan, kesehatan dan keselamatan oleh Allah SWT saat melaksanakan tugas melayani masyarakat,” ujar Sukisno. **.

Continue Reading

Nasional

Perjalanan Umrah Beda Dengan Wisata Biasa, Kemenag Ingatkan Pastikan PPIU Berizin

Published

on

Ibadah Umroh.

JAKARTA – Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umrah dan Ibadah Haji Khusus pada Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama RI, Suviyanto mengingatkan kembali jemaah memahami dan memperhatikan 5 Pasti Umrah.

Hal ini disampaikam Animo masyarakat untuk menjalankan ibadah umrah terus meningkat. Tidak hanya saat Ramadan, umrah di bulan Syawal juga banyak peminat, ditambah berkaitan adanya informasi umrah backpacker yang semakin mengemuka.

Suviyanto mengingatkan, bahwa umat Islam yang akan melaksanakan Umrah wajib mengetahui 5 pasti umrah. Pertama, pastikan travelnya memiliki izin dari Kementerian Agama dan tergabung dalam Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

“Kami imbau agar masyarakat menunaikan ibadah umrah dengan tetap memperhatikan program 5 pasti umrah. Sebelum mendaftar masyarakat harus memastikan bahwa travel tersebut berizin PPIU,” terang Suviyanto di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Setelah pasti travel berizin PPIU, baru pastikan biaya dan paket layanan sesuai dengan ketentuan pemerintah. Biaya umrah wajar, bukan yang paket murah di bawah biaya referensi umrah yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp23.000.000,” sambungnya.

Selain itu, kata Suviyanto, jemaah juga harus memastikan tiket dan jadwal penerbangannya. Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 5 Tahun 2021 mengatur bahwa penerbangan umrah menggunakan pesawat langsung (direct), transit satu kali dengan maskapai yang sama, atau ganti maskapai paling banyak dua maskapai penerbangan.

“Berikutnya jemaah juga harus memastikan visanya. Jangan sampai menjelang keberangkatan jemaah belum memiliki visa umrah,” tegas Suviyanto.

“Terakhir pastikan pula hotelnya, agar jemaah benar-benar mengetahui bahwa mereka di Arab Saudi diberikan layanan hotel yang telah dipesan dan dibayar oleh PPIU sebelum berangkat. Lima hal tersebut harus dipastikan sebelum berangkat agar ibadah berjalan dengan aman dan nyaman,” ,” lanjutnya.

Umrah merupakan perjalanan ibadah yang berbeda dengan perjalanan wisata. Untuk itu, PPIU wajib menyiapkan pembimbing ibadah yang professional. Jemaah juga harus mendapatkan manasik sebelum keberangkatan, selama di perjalanan, dan selama di Arab Saudi.

“Jemaah juga harus memahami materi manasik yang diberikan agar dalam menjalankan ibadah umrah dapat meresapi inti dan makna peribadatan serta berdampak positif dalam meningkatkan keshalihan individu serta berdampak pada keshalihan sosial setelah kembali dari Arab Saudi,” terangnya.

*UMRAH BACKPACKER?*

Terkait umrah backpacker, Suviyanto menjelaskan bahwa pada Pasal 86 UU Nomor 8 Tahun 2019 tentan Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, diatur bahwa ibadah umrah dilakukan secara individu atau berkelompok melalui PPIU. Ketentuan tersebut menjadi dasar bagi pemerintah agar masyarakat yang melaksanakan ibadah umrah melalui PPIU bukan dilakukan dengan cara backpacker.

“Tujuannya agar masyarakat yang melaksanakan ibadah umrah dapat menjalankan ibadah dengan aman, nyaman, sehat, dan sesuai syariat Islam,” tuturnya.

Pemerintah selama ini terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait hal ini, bekerja sama dengan asosiasi PPIU. PPIU juga diminta tidak memfasilitasi keberangkatan jemaah umrah mandiri. Bila ditemukan ada PPIU yang memfasilitasi jemaah umrah Non PPIU maka Pemerintah dapat memberikan sanksi administratif.

“Kami akan mengusulkan penguatan regulasi dengan mengajukan perubahan UU nomor 8 Tahun 2019 dan akan melakukan komunikasi regulasi umrah dengan Arab Saudi agar mereka juga mengetahui bahwa Indonesia mengatur jemaah umrah agar mereka tetap terlindungi dan terlayani dengan baik selama di Arab Saudi dan hal tersebut sangat membantu Arab Saudi,” pungkasnya.(*)

Continue Reading

Nasional

Gelar Halal Bihalal, Kadiv Humas Tekankan Pentingnya Kebersamaan

Published

on

Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Sandi Nugroho.

JAKARTA – Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Sandi Nugroho memimpin apel divhumas Polri pagi ini. Apel ini sekaligus momen halal bihalal jajaran Humas Polri usai pelaksanaan Lebaran 2024.

Dalam amanatnya, Kadiv Humas menyampaikan permintaan maaf dan mengingatkan bahwa silaturahmi harus semakin dipererat demi terwujudnya sinergisitas serta kebersamaan yang kuat.

“Kita jadikan semangat lebaran untuk membangun Humas Polri yang PRESISI,” jelas Kadiv Humas, Selasa (16/4/24).

Selain itu, Kadiv Humas mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada personelnya yang telah menjalankan tugas Operasi Ketupat 2024 dengan baik. Sampai hari ini, ujar Kadiv Humas, semua berjalan dengan aman.

“Mari maksimalkan setiap operasi karena Humas Polri merupakan garda terdepan dalam penyampaian informasi kepada publik yang harus selalu hadir, baik saat pengawalan, menyertai, dan pengakhiran,” ungkap Kadiv Humas.

Diingatkan Kadiv Humas, berbagai agenda internasional dan nasional yang akan diselenggarakan ke depannya juga tentu akan melibatkan personel Polri dalam pengamanan. Salah satu yang saat ini sedang berlangsung, yakni kegiatan Operasi Mantap Brata Pemilu 2024.

Tak hanya itu, agenda internasional juga akan berlangsung pada bulan depan di Bali. Ditekankan Kadiv Humas, semua pengamanan oleh jajaran Humas Polri atas agenda-agenda tersebut harus dilakukan dengan baik.

“Semua itu harus dilakukan dengan maksimal dan libatkan media massa karena setiap apa yang dilakukan Polri tentunya ada peran penting media,” ujar Kadiv Humas.

Berkaitan dengan amanat tersebut, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo sebelumnya menyampaikan bahwa Idulfitri memiliki makna kembali ke fitrah bagi umat manusia menuju kesucian. Di tengah perbedaan, tercipta indahnya toleransi yang semakin mempererat kesatuan. Oleh karenanya, masyarakat harus saling mengisi guna menatap masa depan.

“Saya atas nama Keluarga Besar Polri dan Bhayangkari mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah. Jadikan semangat Lebaran sebagai kekuatan kebersamaan dalam membangun bangsa,” jelas Jenderal Sigit. **.

Continue Reading

Trending