Connect with us

Berita Bulungan

Bakti PT PKN Untuk Akademi Komunitas Negeri Bulungan Tanjung Palas

Published

on

TANJUNG SELOR – Kehadiran Akademi Komunitas Negeri Bulungan (AKNB) Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, tak terlepas dari peran PT Pesona Katulistiwa Nusantara (PKN), salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan batu bara di Bumi Benuanta Kaltara.

“Alhamdulillah dari sekian banyak yang mengajukan persaratan pendirian akademi di Indonesia, ada sekitar 40 an daerah yang disetujui oleh kementerian pendidikan Nasional salah satunya Bulungan, ” kata Reza bagian eksternal PT PKN kepada media ini, Sabtu, 15/5/2021.

Menurutnya, proses pendaftaran untuk pendirian akademi itu juga cukup rumit, karena yang harus maju adalah daerah, sementara pihak swasta sipatnya hanya pendampingan.

“Kami juga hanya diminta sebagai inisiator dalam pembangunan akademi komunitas, namun intinya kala itu semua pihak hanya berpikir AKNB minimal harus hadir dulu di kabupaten Bulungan, ” lanjut Reza.

Waktu itu, kata dia, bersama para pengajar SMK Negeri 1 Tanjung Palas, SMK 2 dan SMK 3 berkumpul, dikumpul oleh Dinas Pendidikan kabupaten membicarakan tekhnis pendirian AKNB. Sehingga lahirlah satu provosal induk yang diarahkan oleh Kemendikbud.

Maka selanjutnya, Dinas Pendidikan Kabupaten Bulungan, bersama PT PKN mendaftarkan AKNB ke Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia, akhirnya akademi itu bisa berdiri sampai saat ini.

Untuk sarat pokok pendirian tersebut salah satunya ada lahan seluas dua hektar, dan itu sudah disumbang kan oleh PT PKN sendiri kepada pihak AKNB.

“Oleh pimpinan daerah kita juga diminta, dan itu sudah dihibahkan lamgsung oleh pihak perusahaan, tempatnya berlokasi di KM 12 dekat SMK 3, ini lah menjadi barometer penilaian sehingga skor nilai nya cukup tinggi yakni 60, ” tandas Reza.

Pendampingan lain nya dari manajemen perusahaan adalah merumus kan kurikulum pendidikan untuk AKNB. “Kebetulan saya juga ikut untuk merumuskan nya, ” katanya.

Dan para perumus yang membuat kurikulum diarah kan untuk bertandang ke Poltek Jember Provinsi Jawa Timur,  meminta bantuan dosen-dosen disana. Khususnya untuk jurusan perkebunan dan hortikultura karena hanya jurusan ini saja yang ada di AKNB.

“Hasil nya selanjutnya diworkshop kan di Dinas Pendidikan dipersentasekan. Itulah yang menjadi kurikulum AKNB sampai sekarang, ” ungkap Reza.

Agar benar-benar bisa mandiri, menurut Reza, dosen lokal yang ada harus disekolah kan hingga jenjang strata 2. Intinya mereka harus matang secara intelektual akademis.

“Kan tak cocok D 2 diajar oleh dosen S 1. Oleh sebab itu setelah 3 tahun berdiri Poltek Kaltim harus menyekolahkan mereka, ” tambah Reza.

Apalagi anggaran dari Kementerian juga cukup signifikan.

Dan itu belum terjadi untuk menyekolahkan dosen lokal. Serta pihak  daerah juga harus perlahan mengambil alih akademi ini supaya benar-benar bisa mandiri.

Kenapa lanjutnya, supaya nantinya ada D 3 maupun D 4 ada disana.

Keunggulan dari akademi komunitas, jurusan nya bisa diganti sesuai kebutuhan daerah. Misal jurusan budaya atau lain nya.

Untuk penerimaan juga tidak terbatas usia. Contoh untuk seseorang yang berkerja diperusahaan, jabatan nya hanya sebatas mandor, karena pendidikan di AKNB yang bersangkutan bisa saja nantinya menjadi manager.

“Keberadaan AKNB ini juga cukup menjadi penunjang kemajuan daerah. Harapan lain dari PT PKN akademi ini wajib terus berkembang eksis dan maju, mengingat perusahan PT PKN sudah menjadi bagian diawal berdirinya kampus ini, ” tutup Reza. *

Reporter : Sahri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPRD Bulungan

Anggota DPRD Bulungan Masa Bakti 2024 – 2029 Akan Dilantik di Gedung Dewan

Published

on

Chass Darmawan Sekretaris DPRD Bulungan.

TANJUNG SELOR – Pelantikan anggota DPRD Bulungan terpilih masa bakti 2024 – 2029 akan dilaksanakan diruang sidang Datu Adil melalui rapat Paripurna dewan, serta dijadwalkan pada tanggal 12 Agustus 2024 yang akan datang

Perihal itu disampaikan oleh Chass Darmawan, Sekretaris DPRD Bulungan kepada media ini, Senin, 22/7/2024.

Secara administrasi lanjutnya, semua sudah disiapkan, termasuk laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) masing-masing anggota.

“Dimana seluruh persyaratan itu sudah pula disampaikan ke KPU Bulungan, ” ucap Chass.

Termasuk kepada pihak-pihak terkait lain nya sudah juga dilakukan koordinasi dimaksud. Demikian pula untuk kelengkapan pakaian dinas seperti PSLdan lain sebagainya sudah disiapkan.

Terkait jumlah undangan berapa orang belum direkap secara keseluruhan. Namun jumlahnya tetap menyesuaikan kapasitas ruangan pelantikan.

“Sebagai pemandu sumpah tetap dilakukan oleh Kepala Pengadilan Negeri Tanjung Selor, ” imbuhnya.

Surat sudah dilayangkan kan, tapi tetap akan di koordinasikan kembali pada H – 7 pelantikan. “Yang pasti jadwal tetap dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus, dan itu sampai saat ini belum ada perubahan, “.tutup Chass.Darmawan. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

Berharap Perbaikan Jalan Sabanar Baru Padaelo Tanjung Selor

Published

on

Joko Susilo Weliyanto Anggota DPRD Bulungan.

TANJUNG SELOR – Kerusakan jalan dari Sabanar Baru menuju jalan Padaelo Kelurahan Tanjung Selor Hilir kecamatan Tanjung Selor diharapkan segera dilakukan perbaikan, agar memudahkan warga yang ingin menuju pelabuhan speed boat Tanjung Selor – Tarakan.

Harapan tersebut di sampaikan oleh Joko Susilo Welianto anggota DPRD Bulungan kepada media ini beberapa waktu lalu.

“Jalan ini merupakan satu-satunya jalan pendekat bagi warga Selimau untuk menuju pelabuhan maupun ke pasar Induk untuk berbelanja kebutuhan se hari-hari, ” ujar Joko.

Ia menambahkan, dengan baiknya akses jalan tersebut tidak saja memudahkan masyarakat akan tetapi secara langsung dapat memacu roda perekonomian.

“Dengan sendirinya juga warung dan usaha jasa lain nya akan tumbuh dengan sendiri nya, ” tutup Joko Susilo Welianto. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

H Hamka Hadiri Acara Silaturahmi dan Halal Bi Halal Jemaah Haji Bulungan

Published

on

H Hamka S IP, MH. Wakil Ketua DPRD Bulungan.

TANJUNG SELOR – Wakil Ketua DPRD Bulungan H Hamka, S IP, MH, Sabtu 13/7/2024 berkesempatan menghadiri undangan silaturahmi dan halal BI halal jemaah Haji, diruang serba guna Tenguyun kantor Bupati Bulungan.

Acara dengan tema “Raih Haji Mabrur” tersebut dihadiri oleh para jamaah dan sejumlah tamu undangan.

Jemaah Haji Kabupaten Bulungan.

“Mudahan menjadi haji yang mabrur dan tetap mendoakan kabupaten Bulungan khususnya dan Kalimantan Utara pada umum, agar tetap aman dan terus melaksanakan pembangunan disegala bidang, ” ucap H Hamka.

Di bagian lain ia juga mengimbau, agar seluruh lapisan masyarakat terus menjaga kerukunan dan keamanan diwilayah nya masing-masing. Khususnya dalam menghadapi Pilkada yang sebentar lagi dilaksanakan. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending