Connect with us

Berita Tokoh Kaltara

Kosmas Kajan : Pasar Sokuguru Perekonomian Masyarakat Kecil

Published

on

Kosmas Kajan SS sedang melihat-lihat sayuran dan buah yang dijual para pedagang dipasar tradisional.

TANJUNG SELOR – Disaat senggang Kosmas Kajan, selalu menyempatkan waktu mengunjungi masyarakat, baik masyarakat petani, nelayan maupun para pedagang kecil yang biasanya menjajakan jualan nya dipasar-pasar tradisonal.

Eits nanti dulu, pasar tradisional dimaksud bukan nya pasar mentereng yang dibangun oleh pemerintah, melainkan sebuah pasar yang dibangun dadakan oleh kelompok masyarakat alakadarnya.

“Anak Pasar” harus hobby ke Pasar, ” kata Kosmas Kajan menjawab pertanyaan media ini.

Menurutnya, Pasar tradisional selain merupakan pusat belanja kebutuhan sehari-hari, sebenarnya bisa juga jadi wisata yang cukup menyenangkan hati dan menyejukan pikiran, lantaran bisa bergaul langsung merasakan kerasnya kehidupan masyarakat arus bawah.

“kalau kita mau jujur Pasar Tradisional adalah “Nafas Perekonomian” Bangsa. Sebab di Pasar terjadilah proses interaksi jual beli antar pedagang dan konsumen, ” ujarnya.

Tanpa Pasar lanjutnya, maka Produsen & Konsumen akan “macet”. Terima Kasih Para Pedagang Pasar, ” ucap Kosmas Kajan menyalami para pedagang sebelum melanjutkan kegiatan lain nya.

Reporter : Sahri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tokoh Kaltara

Tokoh Masyarakat Kembali Mendukung HM Nasir Pimpin KONI Kaltara

Published

on

H Batto.

TANJUNG SELOR – Berbagai dukungan terus mengalir kepada H Muhammad Nasir SE agar kembali terpilih memimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) untuk kedua kalinya.

Dukungan tersebut kembali datang dari H Batto,.salah satu pengusaha dan tokoh masyarakat Kalimantan Utara.

“Bapak H Batto sudah memberikan dukungan kepada saya untuk bisa kembali memimpin KONI Kaltara, ” terang HM Nasir SE, kepada media ini, Senin 6/2/2023.

Harapan lain H Batto memberikan dukungan, karena menilai figur HM Nasir mampu membawa KONI Kaltara lebih baik lagi kedepan, asal ada dukungan yang kuat dari seluruh cabor, Termasuk dari jajaran pengurus yang bisa berkerjasama dan sejalan untuk memajukan prestasi olahraga ini.

Menilik kepemimpinan HM Nasir selama menakhodai KONI Kaltara cukup lumayan berhasil baik. Itu dibuktikan dengan keberhasilan mengikuti PON di Papua beberapa waktu lalu.

TIdak hanya itu, pelaksanan Porprov 1 Provinsi Kalimantan Utara juga cukup sukses pelaksanaan nya. Sejak dimulainya pelaksanaan hingga akhir semua Pengcab dan Cabor merasa terlayani dengan baik.

“Harapan saya kelak bila mendapat kepercayaan kembali memimpin KONI Kaltara, akan berkerja semaksimal mungkin untuk kemajuan olahraga didaerah, ” tutup nya. * jk

Continue Reading

Tokoh Kaltara

Lembaga Adat Kesultanan Bulungan Siap Mengawal Kebijakan Gubernur Kaltara

Published

on

Drs Datu Buyung Perkasa MPd Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan (LAKB) Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, beserta jajaran nya mengaku siap mengawal seluruh kebijakan Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum.

“Baik secara pribadi maupun kelembagaan saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kalimantan Utara untuk mendukung kebijakan Gubernur, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur, ” kata Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan, melalui sambungan telpon WhatsAPP, ke Redaksi media ini, Selasa 6/9/2022.

Sejak kepemimpinan Drs H Zainal Arifin Paliwang SH M Hum sebagai Gubernur Kaltara, menginjak tahun kedua masa kepemimpinan geliat pembangunan sudah mulai terlihat. Misalnya pembangunan kantor DPRD Kalimantan Utara di wilayah kota baru mandiri (KBM) Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, sudah mulai berjalan.

“Saya terima informasi dari media ini untuk pembangunan kantor DPRD Bulan lalu progresnya sudah mencapai 18 persen, ” kata Datu Buyung.

Informasi lain nya, tambah Datu, dalam waktu dekat pembangunan kantor Kejaksaan Tinggi Kaltara, gedung TVRI dan beberapa kantor instansi vertikal lain nya juga mulai akan dibangun.

Kebijakan lain yang tidak kalah penting yaitu dibidang percepatan sumber daya (SDM). Diantaranya menjalin kerjasama dengan Universitas Patria Artha (UPA) Gowa serta beberapa perguruan tinggi lain nya.

Saat ini di Kaltara proyek Kawasan Pelabuhan Internasional Indonesia (KIPI) dan PLTA Kayan dan Mentarang juga terus berprogres.

“Perhatian bapak Gubernur dan ibu terhadap kepentingan masyarakat pinggiran juga terus dilakukan, ” tutur Datu Buyung Perkasa.

Contoh beberapa waktu lalu, ibu Gubernur berkesempatan mengunjungi warga Punan Logpond desa Apung kecamatan Tanjung Selor. Disana ibu Rachmawati SH sempat menyisihkan kan waktu mengajar anak-anak Punan Logpond disekolah rimba yang ada disana.

Selain itu, berkesempatan menyambangi warga Punan dikediaman nya. Menanyakan kebutuhan yang sudah terakomodir maupun belum dirasakan oleh warga tersebut.

“Sekali lagi saya mengajak semua pihak untuk bahu membahu bergandengan tangan mengawal pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah, ” kata Datu Buyung Perkasa. * jk.

Continue Reading

Tokoh Kaltara

Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan Ajak Warga Menjaga Kondusifitas di Kaltara

Published

on

Drs Datu Buyung Perkasa MPd Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan (LAKB) Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan (LAKB), Provinsi Kalimantan Utara, Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, gelar Pangeran Suryoatmodjo, mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat dimanapun berada untuk terus memupuk tali persaudaraan antar sesama tanpa adanya perbedaan.

“Damai itu indah, oleh sebab itu menjadi kewajiban kita bersama untuk menjaganya, agar daerah ini terus kondusif, ” kata Datu Buyung Perkasa.

Muncul nya perbedaan dalam cara pandang itu merupakan hal yang lumrah. Namun jadikan sebuah perbedaan untuk menjadi sebuah kekuatan besar dalam membangun daerah, bukan jadi pemicu perpecahan antar sesama.

“Ingat filosofi nenek moyang kita, hal yang besar dikecilkan dan yang kecil ditiadakan, ” ujarnya.

Untuk membangun daerah agar lebih maju lagi, tentu pula butuh Iklim kondusiftas yang bagus. Maka dengan demikian cita-cita kita untuk menjadikan Kaltara menjadi provinsi yang maju dan berjaya bisa segera terwujud.

Karena nya setiap hal yang bisa memicu SARA sebaiknya dihindari, kasihan anak cucu kita nanti bila kita tidak memupuk kedamaian itu secara terus menerus.

Kewajiban  bersamalah menjaga wilayah kita masing-masing dari isu yang bisa mengarah kepada perpecahan, bila ada gejala segera laporkan kepada aparat yang berwenang agar segera diambil langkah-langkah untuk mengantisipasi nya.

“Deteksi dini dan kewaspadaan dini itu penting, artinya jangan kita sampai lengah karena kelengahan akibatnya akan merugikan kita semua, ” tutup Datu Buyung Perkasa. *

Reporter : Sahri.

Continue Reading

Trending