Connect with us

Berita Kaltara

PT PKN Kirim Mahasiswa Bulungan Belajar Sastra China ke Universitas Maranatha Bandung

Published

on

Kiri, Direktur PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN), Triya Suprajeni.

TANJUNG SELOR – PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) kembali mengirim sejumlah Mahasiswa asal Kabupaten Bulungan, sebanyak 3 (tiga) orang, dengan beasiswa penuh dari perusahaan untuk belajar Sastra China ke Universitas Maranatha Bandung, Provinsi Jawa Barat.

 

“Salah satu Direktur kita kemarin yaitu Bapak Triya Suprajeni sudah menandatangani MoU dengan pihak Universitas beberapa waktu lalu, “ kata M Yusuf B SP, jabatan Superintendent, mendampingi Iwan Suryatno S HUT, Comunyti Developmen (Comdev) PT Pesona Khatulistiwa Nusantara kepada media ini, “ kemarin.

Menurutnya, kalau memungkinkan dengan adanya Mou ini berencana akan membuka kelas jauh Tanjung Selor. “ soal ini kemarin pak Iwan Suryatno (Comdev, red) sewaktu panen jagung Perdana di Kelubir, kecamatan Tanjung Palas Utara, sempat bisik-bisik dengan pak Syarwani, Bupati Kabupaten Bulungan, “ kata Yusuf.

Tidak menutup kemungkinan juga ditahun- tahun mendatang jumlah Mahasiswa yang dikirim belajar Bahasa ini akan terus bertambah. “Kalau tidak salah Pemkab Bulungan juga ada Mou dengan Universitas Maranhata ini, kenapa saya bilang tidak salah karena belum terlaksana, “ ungkap Yusuf lagi.

Selain itu lanjutnya, pada tahun 2021 ini, PT PKN bersinergi dengan Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah, kembali mengirim Mahasiswa asal Bulungan sebanyak 26 orang untuk kuliah di Politekhnik Piksi Ganesha Bandung, mereka mulai dari jenjang Diploma 3 (tiga) hingga Diploma 4 (empat). Terdiri dari berbagai jurusan, mulai dari Tekhnik Komputer, Kesehatan, hingga jurusan Ekonomi Bisnis.

“Untuk pengiriman Mahasiswa ini difokuskan kepada anak-anak yang berdomisili disekitar wilayah operasi perusahaan, “ tandas Yusuf.

Menyoal MoU PT PKN soal Pendidikan, tidak hanya untuk perguruan tinggi diluar Kaltara, untuk percepatan SDM lokal pihak perusahaan juga menggandeng Universitas Kaltara mulai tahun 2018 lalu, Universitas Borneo Tarakan (UBT) dan Politani Samarinda, Kalimantan Timur.  *

Reporter : Sahri.

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pemkab Bulungan

Kabupaten Bulungan Gelar Musyawarah Rencana Pembangunan

Published

on

Peserta Musrenbang Kabupaten Bulungan.

TANJUNG SELOR – Bertempat di Ruang Tenguyun Kantor Bupati, Kamis (16/5/2025), Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si, bersama jajaran pimpinan perangkat daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Forkopimda, akademisi, tim percepatan pembangunan termasuk mitra strategis Kabupaten Bulungan, telah melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bulungan 2025 – 2045.

Penyusunan RPJPD Kabupaten Bulungan ini dilaksanakn untuk 20 tahun kedepan, dengan mengusung tema “Mewujudkan Kabupaten Bulungan Sebagai Pusat Pertumbuhan Berkelanjutan dengan Didukung Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul dan Berdaya Saing.

Kegiatan ini sebagai pedoman untuk memberikan arah pembangunan terhadap kebijakan dan strategi pembangunan jangka panjang daerah tahun 2025-2045.

Melalui kegiatan ini bagaimana menyusun masa depan pembangunan Bulungan 20 tahun kedepan. Merekayasa untuk memajukan dan menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat Bulungan. Sekalipun nantinya dalam 20 tahun kedepan, kita tidak dapat menyaksikan atau menikmatinya. Hal tersebut menjadi warisan yang baik dan menjadi amal jariyah bagi anak cucu kita.

Tema tersebut selaras dengan kondisi Kabupaten Bulungan saat ini dimana Tanjung Selor sebagai pusat pemerintahaan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).
Termasuk di wilayah Kabupaten Bulungan saat ini terdapat beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) berskala besar. Salah satunya KIPI Tanah Kuning, hingga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) terbesar se Asia Tenggara yang akan dibangun di Hulu Sungai Kayan, dengan kapasitas total mencapai 9.000 megawatt (MW).
Selain itu, Bulungan juga ditunjuk pemerintah pusat menjadi salah satu wilayah penyangga pangan untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusaantara di Kalimantan Timur(Kaltim).

Penyusunan RPJPD berpedoman pada Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, RPJPD bersifat visioner dan memuat hal-hal mendasar sehingga memberi keleluasaan yag cukup bagi penyusunan rencana jangka menengah dan panjang.

Musrenbang ini harus selaras dengan program yang telah disusun oleh pemerintah pusat. Karena mimpi besar Bulungan 20 tahun kedepan bagaimana wilayah ini menjadi pusat pertumbuhan yang berkesinambangan di Kalimantan secara umum.

Ini merupakan cita-cita besar kita bersama. Dalam berbagai forum selalu saya sampaikan pada teman-teman perangkat daerah. Kita harus bisa menjadi pusat dalam berbagai hal, baik dibidang pendidikan, kesehatan maupun pertumbuhan ekonomi, kita harus mampu melangkah lebih maju dan menjadi rujukan wilayah lain bahkan dalam regional Kalimantan. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Perbaikan Jalan Menuju KIPI Tanah Kuning Diambil Alih PJN Kaltara

Published

on

Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si. menerima kunjungan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kaltara, Nikolaus Ambrosius Gai Botha.

TANJUNG SELOR – Bupati Syarwani S Pd M Si menerima kunjungan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kaltara, Nikolaus Ambrosius Gai Botha beserta rombangan di Ruang Rapat Kantor Bupati Bulungan. Rabu, (15/5/24).

Dalam pertemuan tersebut disampaikan beberapa akses jalan yang statusnya aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan yang dikerjakan oleh BPJN Kaltara melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Salah satunya ruas jalan menuju Proyek Strategis Nasional (PSN) di wilayah Tanjung Palas Timur yaitu KIPI Tanah Kuning.

“Selain itu, saya juga menyampaikan beberapa jembatan yang memungkinkan pembangunanya dibantu oleh BPJN Kaltara. Salah satunya jembatan yang berada di Desa Teras menuju Desa Salimbatu, ” ujar Syarwani.

Dengan terjalinnya sinergisitas yang baik antara Pemda Bulungan dan BPJN Kaltara tentu menjadi hal yang positif dalam upaya memaksimalkan pembangunan ditengah keterbatasan yang ada. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

93 Orang Jemaah Calon Haji Kabupaten Bulungan Mulai Bertolak Menuju Mekkah

Published

on

Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Kuota Calon Jamaah Haji (CJH) Bulungan tahun ini sebanyak 93 orang, yang terbagi menjadi dua kloter yakni Kloter 6 dan 7. Untuk Kloter 7 sebanyak 92 orang tergabung bersama CJH dari Kota Tarakan dan Kabupaten Nunukan. Sedangkan satu CJH lainnya bergabung di Kloter 6 bersama Kabupaten Malinau dan KTT. CJH yang bergabung di Kloter 7 dijadwalkan berangkat pada 21 Mei mendatang. Berangkat dari Tanjung Selor-Tarakan menuju Balikpapan.

Pada 22 Mei nanti, CJH akan diterima di Embarkasi Balikpapan, pada pukul 14.00 Wita. Sehari kemudian, CJH akan diberangkatkan dari Balikpapan menuju Bandara Madinah.

Berdasarakan informasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulungan, ada sekitar 50 CJH yang masuk kategori risiko tinggi (Risti). Untuk yang lanjut usia (Lansia) ada 2 CJH dan 1 pendamping. Dari segi usia CJH, yang berumur 65 tahun ke atas berjumlah 10 orang.

Terhadap CJH yang risiko tinggi tentunya ada pendampingan, baik itu dari petugas Kloter maupun ketua rombongan. Kecuali bagi CJH yang lanjut usia, akan didampingi dari keluarganya.

“Saya berpesan bagi CJH untuk bisa menjaga kesehatan. Tentu pemeriksaan kesehatan rutin dilakukan bagi CJH. Pemeriksaan kesehatan ini sangat penting, agar fisik CJH bisa terjaga selama berangkat menuju Mekkah dan menjalankan ibadah haji, ” kata Bupati Bulungan Syarwani S Pd M Si.

Ia juga berharap, CJH agar tetap menjaga kekompakkan selama melaksanakan ibadah haji. Untuk Jelang waktu keberangkatan, agar seluruh jamaah memperhatikan kesehatannya. Demikian pula  semua pihak yang terlibat dalam pemberangkatan jamaah haji, memastikan agar semua dalam kondisi sehat dan aman, sampai kembali ke Tanah Air.

Seluruh jamaah haji bisa mengikuti seluruh tahapan pelaksanaan haji. Semoga para jamaah haji bisa berjalan selaras dan saling mendukung satu sama lain dalam menjalankan ibadah. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Trending