Connect with us

Berita Kaltara

Ini Liputan Khusus Jurnal Kaltara HUT Indosiar ke 28

Published

on

Anwari Eka Putra SS Kepala Stasiun TV Indosiar Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – HUT Indosiar salah satu perusahan televisi swasta nasional ke-28 tahun, dirayakan secara sederhana oleh stasiun Provinsi Kalimantan Utara, dan tidak kalah penting media online jurnal kaltara diundang secara khusus untuk meliput acara ultah tersebut, acara itu juga dihadiri oleh sekelompok pemuda dan tokoh masyarakat.

Disela acara di kafe Rubka, di Tanjung Palas, Bulungan, kepala Stasiun Indosiar Kaltara, Anwari Eka Putra, S.S, Rabu malam, 25/1/2023 mengatakan, di Ultah Indosiar ini pihak nya berharap masyarakat Kaltara khususnya dan Indonesia pada umum nya bisa menjadikan siaran televisi tersebut menjadi tontonan utama.

Ia menambahkan, acara Ultah ke-28 tahun dilaksanakan juga secara regional diseluruh Indonesia. Dimana pada Minggu pertama dan kedua dibagi dan dibagi 4 kali dalam sebulan.

Selanjutnya kata Anwari, awak Indosiar Kaltara akan melakukan sosialisasi kemasyarakat secara luas. Bahwa televisi analog sebentar lagi akan off dan diganti dengan televisi digital.

Untuk harapan ke pemerintah lanjut dia, kedepan bisa bersinergi, pertama dalam menentukan kantor, yang mana Indosiar telah membeli lahan sendiri.

Maksud nya supaya masyarakat tidak susah mengarahkan antena, kedepan untuk tv swasta lain nya bisa menyatu pada satu lokasi.

Kenapa supaya nantinya masyarakat tidak bingung untuk memindahkan arah antena bila ingin pindah Chanel.

“Untuk televisi stasiun lain belum punya lokasi sendiri. Ada semacam himbauan agar pemancar seluruh stasiun TV berada disatu lokasi, ” imbuh Anwari.

Ia juga menambahkan, hadirnya stasiun Indosiar di Tanjung Selor, Kalimantan Utara awal tahun 2016 silam dibawah naungan PT. Indosiar Visual Mandiri “secara khusus untuk media lokal hanya jurnal kaltara yang kita undang untuk meliput acara ultah Indosiar ke-28 ini, ” kata Anwari lagi.

Hasil survei, penonton Indosiar di Kaltara pertambahan nya cukup signifikan, khususnya di Ibukota Kabupaten Bulungan Tanjung Selor itu ditandai dengan banyak nya warga yang menggunakan antena UHF.

Jadi dengan menggunakan antena itu, kita tidak perlu lagi mengunakan anten parabola dan sebagainya.

“Yang kemarin sudah kita rasakan saat momen piala dunia Indosiar terus menyiarkan setiap momen pertandingan tanpa diacak, ” tukas Anwari.

Baik tv analog maupun digital semua bisa mengakses, namun kalau tv analog harus menggunakan STB, tapi kalau tv digital, tv android, windows tv tidak perlu lagi menggunakan STB. Karena tv tersebut sudah support siaran digital.

Menyoal frekwensi tv analog dan digital tentu ada perbedaan. Untuk tv analog masih ada kendala terutama saat atau antena tidak pas atau ketinggian antena kurang gambarnya tidak bersih. Kalau untuk tv digital hasil gambar sangat jernih dan jelas jauh berbeda kualitasnya termasuk audionya juga.

“Saat ini kita juga sedang sosialisasi bahwa tv analog akan di matikan sesuai tahapan yang sudah diberlakukan di Kominfo Pusat, ” tambah Aan sapaan akrab Anwari Eka Putra.* jk.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPRD Bulungan

H Hamka : “Selamat dan sukses atas digelarnya musayawarah DAD Kaltara”

Published

on

H Hamka S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Wakil Ketua DPRD Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, H Hamka S IP, menyampaikan ucapan selamat atas dilaksanakan musyawarah Dewan Adat Dayak (DAD) Kaltara yang sukses digelar beberapa waktu lalu.

Ucapan selamat itu disampaikan nya melalui media ini, Sabtu, 26/1/2023.

“Semoga dengan terbentuknya DAD Kaltara ini menjadi perekat dan menjaga kekompakan keluarga besar Dayak khususnya dan komunitas lain pada umum nya, ” kata Hamka.

Dan dapat membantu serta bersenergi dengan pemerintah kabupaten kota se Kaltara dalam memacu pertumbuhan ekonomi serta percepatan pembangunan disegala bidang..

Yang tidak kalah penting dapat mewujudkan kesejahtraan masyarakat Dayak yang merupakan suku asli Kalimantan.

“Sekali lagi saya menghaturkan ucapan selamat kepada seluruh jajaran pengurus dan anggota DAD Provinsi Kalimantan Utara, ” tutup H Hamka. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Kaltara

Ini Rangkuman Agenda Kerja Fenry Alpius Wakil Ketua Komisi III DPRD Kaltara di PLTA Mentarang

Published

on

Fenry Alpius SE M Si Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Warga desa Paking kabupaten Malinau menyambut baik rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mentarang, hal itu disampaikan warga saat agenda kegiatan Wakil Ketua Komisi III DPRD Kaltara,.Fenry Alpius SE M Si ke desa tersebut beberapa waktu yang lalu.

Akan tetapi kata Fenry Alpius yang kerap disapa FA itu menambahkan, terkait pembangunan PLTA tersebut nantinya yang dimulai dari pekerjaan hingga beroperasi yang pasti akan bermanfaat secara luas kepada masyarakat Kalimantan Utara, khususnya warga yang ada di Kabupaten Malinau.

Namun yang paling penting sebelum melaksanakan kegiatan disana adalah relokasi masyarakat, agar warga yang terdampak benar-benar direlokasi pada tempat yang sesuai dimana mereka berada sebelumnya.

Pada pertemuan dengan masyarakat itu juga lanjut nya, terkait desa Paking yang jaraknya dengan lokasi bendungan sekitar 5 kilometer. Sesuai pernyataan masyarakat desa Paking tersebut desa mereka tidak termasuk desa yang terdampak oleh perusahaan yang membangun PLTA.

“Inikan menjadi pertanyaan masyarakat disana padahal desa Paking dengan lokasi bendungan sangat dekat sekali, ” tegas Fenry.

Padahal anggapan masyarakat dan kita dari Komisi III bahwa desa Paking dimaksud adalah desa yang terdampak. “Itulah yang menjadi harapan kami dari komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Utara, ” ujar Fenry Alpius.

Hal lain dalam merekrut tenaga kerja di PLTA yang ada di Mentarang, dari Komisi III dengan tegas meminta masyarakat yang ada di Kabupaten Malinau di prioritaskan. Kalau sudah mencukupi baru merekrut warga lain yang ada di Kalimantan Utara.

Demikian juga untuk hasil pertanian warga seperti sayur dan ikan hasil tangkapan nelayan setempat maupun daging dan sebagainya bisa diterima (dibeli) oleh pihak perusahaan.

Karena dengan hasil pertanian dari warga itu, yang dijual kepihak perusahaan akan secara langsung bisa menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat setempat.

Demikian pula nantinya apabila pihak perusahaan tidak mau menerima itu, maka ini juga akan menjadi masalah.

“Oleh sebab itu saya selaku wakil ketua komisi III Provinsi Kalimantan Utara berharap pembangunan PLTA tersebut dapat memanusiakan manusia yang ada disitu, dan pembangunan nya betul-betul sangat berdampak positif bagi masyarakat secara luas, ” pungkas Fenry.

Yang tidak kalah penting lagi, seperti yang disampaikan warga, nantinya apakah PLTA akan menggratiskan listrik bagi warga sekitarnya. “Itu juga menjadi pertanyaan mereka soal komitmen dari perusahaan dan negara terkait dengan itu, ” tutup Fenry Alpius. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

Hadiri Agenda Musrenbang, Mansyah Paparkan Program Pokir DPRD

Published

on

Mansyah MIM SH anggota DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Mansyah SH anggota DPRD Bulungan, Rabu 25/1/2/2023 kemarin, berkesempatan memaparkan beberapa program pembangunan melalui anggaran aspirasinya di acara Musrenbang Kelurahan Tanjung Palas Hilir, kecamatan Tanjung Palas.

Usai acara dilaksanakan, kepada media ini ia mengungkapkan, bahwa dari para ketua RT banyak mengusulkan pembangunan.

“Hanya saja di acara ini saya hanya memaparkan anggaran Pokir dari anggota dewan, jangan sampai nantinya program yang akan dilaksanakan tumpang tindih dengan program yang dari kelurahan, ” ujarnya.

Menurutnya, selain dia ada beberapa anggota dewan yang mengarahkan Pikirnya ke Kelurahan Tanjung Palas Hilir. Diantaranya peningkatan jalan Hj Kasnah, hibah langgar atau mushola Al Ikhsan, bantuan alat tangkap nelayan seperti ketinting dan pukat.

Sebelum digelarnya Musrenbang kelurahan Tanjung Palas Hilir, memang sudah banyak usulan masyarakat yang disampaikan. Seperti usulan tambatan perahu nelayan dan perluasan langgar Lebong.

“Kalau di RT nya pak Masril mengusulkan pembangunan drainase, ” tutur Mansyah.

Yusak Silvanus S Sos Sekretaris Kecamatan Tanjung Palas.

Secara terpisah Sekretaris Kecamatan Tanjung Palas, Yusak Silvanus S Sos, kepada media ini menegaskan, untuk Aplikasi SIPD Kabupaten Bulungan belum diluncurkan, “apakah sudah siap atau tidak saya belum mendapat informasi lagi, ” kata Yusak.

Kalau memang belum bisa diinput ke SIPD saat acara Musrenbang Kecamatan pada tanggal 8 Pebruari nanti, apakah input secara manual pihak kecamatan masih menunggu instruksi dari Bappeda.

“Terkait data valid usulan baru bisa diketahui pada tanggal 8 Pebruari nanti, ” tutup Yusak. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending