Connect with us

Berita Kaltara

Dinas PUPR Kaltara Belum Terima Usulan Pembangunan Jalan Libang – Tideng Pale KTT

Published

on

Erni ST, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Perkim Kaltara.

TANJUNG SELOR – Masih ingat usulan Camat Lumbis, Kabupaten Nunukan, ke Pemprov Kaltara terkait permintaan pembangunan jalan dari desa Libang menuju Tideng Pale, Kabupaten Tana Tidung, sepanjang lebih kurang 22 kilometer itu ?, diakui sampai saat ini usulan tersebut belum diterima oleh Dinas Pekerjaan Umum Perkim Kaltara.

Di temui diruang kerjanya, Kepala Bidang Bina Marga, Erni ST, mendampingi Kepala Dinas PUPR Perkim Kaltara, Dr Datu Iman Suramenggala S Hut M Sc, Rabu 18/1/2023 kepada media ini mengatakan, bahwa benar sampai saat ini pihaknya belum menerima usulan dimaksud. “Kalau saya sendiri belum pernah melihat usulan pembangunan jalan Libang kabupaten Nunukan – Tideng Pale Kabupaten Tana Tidung, entah kalau surat usulan nya masih dimeja lain, ” ujar Erni ST.

Menurutnya, setiap usulan yang disampaikan oleh masyarakat itu sah-sah saja, termasuk usulan jalan Libang menuju Tideng Pale Kabupaten Tana Tidung, namun tentunya pula usulan itu disampaikan harus melalui mekanisme yang ada.

Diakui juga oleh Erni ST, agar usulan itu menjadi prioritas Pemprov Kaltara, Camat Lumbis Kabupaten Nunukan, Drs Rusmansyah sudah menyampaikan langsung ke Dinas PUPR Perkim melalui Kepala Bidang Bina Marga.

“Kalau tidak salah sekitar bulan November 2022 lalu, pak Camat Lumbis nya sempat berkoordinasi sama saya, ” aku Erni ST.

Dan hal yang sama juga disampaikan oleh nya, bahwa siapa pun berhak mengusulkan dan itu sah-sah saja.

Menyoal persetujuan Pemprov terhadap usulan dimaksud, ia mengatakan tentu harus dikaji terlebih dahulu, apakah sesuai prioritas daerah atau tidak, termasuk urgensi pelaksanaan kegiatan nya nanti seperti apa.

Semuanya juga akan dibahas terlebih dahulu. Dimana kajian nya dalam artian secara teknis tentu akan dibahas tersendiri.

“Akan ada tahapan nya, dan tidak bisa serta merta pula. Dimana pihak Dinas PUPR punya rencana prioritas dan pedoman tentang kriteria yang bisa masuk sebagai ruas jalan Provinsi, dokumen lingkungan nya bagaimana juga dilihat, ” tutur Erni ST.

Secara terpisah Camat Lumbis, Kabupaten Nunukan, Drs Rusmansyah, melalui pesan WhatsAPP nya mengatakan, sebenarnya usulan itu sudah disampaikan setiap tahun melalui SIPD Provinsi Kalimantan Utara, saat ini hal yang sama pun sudah dilakukan (tahun anggaran 2023, red).

Camat Lumbis Kabupaten Nunukan Drs Rusmansyah.

“Pada intinya usulan sudah kita infut di SIPD baik kabupaten maupun provinsi, kalau tahun lalu judul usulan nya ” Pembukaan badan jalan Mansalong, Libang Menuju KTT” dan tahun 2023 ini “Pembukaan badan Jalan Libang Menuju KTT”, kata Camat Lumbis.

Ia juga menambahkan sekaligus berharap usulan itu bisa diakomodir, agar alur transportasi darat yang panjang bila melintasi trans Kaltara bisa diperpendek. Yang giliran nya dapat memudahkan akses masyarakat Mansalong khususnya dan warga Kabudaya pada umumnya.

“Dengan pendeknya alur transportasi bila ruas jalan Libang menuju KTT terbangun secara langsung dapat menekan tinggi nya inflasi yang dipicu oleh mahalnya ongkos transportasi angkutan barang, ” pungkas Camat Lumbis Drs Rusmansyah. * jk.

DPRD Bulungan

H Hamka : “Selamat dan sukses atas digelarnya musayawarah DAD Kaltara”

Published

on

H Hamka S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Wakil Ketua DPRD Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, H Hamka S IP, menyampaikan ucapan selamat atas dilaksanakan musyawarah Dewan Adat Dayak (DAD) Kaltara yang sukses digelar beberapa waktu lalu.

Ucapan selamat itu disampaikan nya melalui media ini, Sabtu, 26/1/2023.

“Semoga dengan terbentuknya DAD Kaltara ini menjadi perekat dan menjaga kekompakan keluarga besar Dayak khususnya dan komunitas lain pada umum nya, ” kata Hamka.

Dan dapat membantu serta bersenergi dengan pemerintah kabupaten kota se Kaltara dalam memacu pertumbuhan ekonomi serta percepatan pembangunan disegala bidang..

Yang tidak kalah penting dapat mewujudkan kesejahtraan masyarakat Dayak yang merupakan suku asli Kalimantan.

“Sekali lagi saya menghaturkan ucapan selamat kepada seluruh jajaran pengurus dan anggota DAD Provinsi Kalimantan Utara, ” tutup H Hamka. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Kaltara

Ini Rangkuman Agenda Kerja Fenry Alpius Wakil Ketua Komisi III DPRD Kaltara di PLTA Mentarang

Published

on

Fenry Alpius SE M Si Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Warga desa Paking kabupaten Malinau menyambut baik rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mentarang, hal itu disampaikan warga saat agenda kegiatan Wakil Ketua Komisi III DPRD Kaltara,.Fenry Alpius SE M Si ke desa tersebut beberapa waktu yang lalu.

Akan tetapi kata Fenry Alpius yang kerap disapa FA itu menambahkan, terkait pembangunan PLTA tersebut nantinya yang dimulai dari pekerjaan hingga beroperasi yang pasti akan bermanfaat secara luas kepada masyarakat Kalimantan Utara, khususnya warga yang ada di Kabupaten Malinau.

Namun yang paling penting sebelum melaksanakan kegiatan disana adalah relokasi masyarakat, agar warga yang terdampak benar-benar direlokasi pada tempat yang sesuai dimana mereka berada sebelumnya.

Pada pertemuan dengan masyarakat itu juga lanjut nya, terkait desa Paking yang jaraknya dengan lokasi bendungan sekitar 5 kilometer. Sesuai pernyataan masyarakat desa Paking tersebut desa mereka tidak termasuk desa yang terdampak oleh perusahaan yang membangun PLTA.

“Inikan menjadi pertanyaan masyarakat disana padahal desa Paking dengan lokasi bendungan sangat dekat sekali, ” tegas Fenry.

Padahal anggapan masyarakat dan kita dari Komisi III bahwa desa Paking dimaksud adalah desa yang terdampak. “Itulah yang menjadi harapan kami dari komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Utara, ” ujar Fenry Alpius.

Hal lain dalam merekrut tenaga kerja di PLTA yang ada di Mentarang, dari Komisi III dengan tegas meminta masyarakat yang ada di Kabupaten Malinau di prioritaskan. Kalau sudah mencukupi baru merekrut warga lain yang ada di Kalimantan Utara.

Demikian juga untuk hasil pertanian warga seperti sayur dan ikan hasil tangkapan nelayan setempat maupun daging dan sebagainya bisa diterima (dibeli) oleh pihak perusahaan.

Karena dengan hasil pertanian dari warga itu, yang dijual kepihak perusahaan akan secara langsung bisa menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat setempat.

Demikian pula nantinya apabila pihak perusahaan tidak mau menerima itu, maka ini juga akan menjadi masalah.

“Oleh sebab itu saya selaku wakil ketua komisi III Provinsi Kalimantan Utara berharap pembangunan PLTA tersebut dapat memanusiakan manusia yang ada disitu, dan pembangunan nya betul-betul sangat berdampak positif bagi masyarakat secara luas, ” pungkas Fenry.

Yang tidak kalah penting lagi, seperti yang disampaikan warga, nantinya apakah PLTA akan menggratiskan listrik bagi warga sekitarnya. “Itu juga menjadi pertanyaan mereka soal komitmen dari perusahaan dan negara terkait dengan itu, ” tutup Fenry Alpius. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

Hadiri Agenda Musrenbang, Mansyah Paparkan Program Pokir DPRD

Published

on

Mansyah MIM SH anggota DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Mansyah SH anggota DPRD Bulungan, Rabu 25/1/2/2023 kemarin, berkesempatan memaparkan beberapa program pembangunan melalui anggaran aspirasinya di acara Musrenbang Kelurahan Tanjung Palas Hilir, kecamatan Tanjung Palas.

Usai acara dilaksanakan, kepada media ini ia mengungkapkan, bahwa dari para ketua RT banyak mengusulkan pembangunan.

“Hanya saja di acara ini saya hanya memaparkan anggaran Pokir dari anggota dewan, jangan sampai nantinya program yang akan dilaksanakan tumpang tindih dengan program yang dari kelurahan, ” ujarnya.

Menurutnya, selain dia ada beberapa anggota dewan yang mengarahkan Pikirnya ke Kelurahan Tanjung Palas Hilir. Diantaranya peningkatan jalan Hj Kasnah, hibah langgar atau mushola Al Ikhsan, bantuan alat tangkap nelayan seperti ketinting dan pukat.

Sebelum digelarnya Musrenbang kelurahan Tanjung Palas Hilir, memang sudah banyak usulan masyarakat yang disampaikan. Seperti usulan tambatan perahu nelayan dan perluasan langgar Lebong.

“Kalau di RT nya pak Masril mengusulkan pembangunan drainase, ” tutur Mansyah.

Yusak Silvanus S Sos Sekretaris Kecamatan Tanjung Palas.

Secara terpisah Sekretaris Kecamatan Tanjung Palas, Yusak Silvanus S Sos, kepada media ini menegaskan, untuk Aplikasi SIPD Kabupaten Bulungan belum diluncurkan, “apakah sudah siap atau tidak saya belum mendapat informasi lagi, ” kata Yusak.

Kalau memang belum bisa diinput ke SIPD saat acara Musrenbang Kecamatan pada tanggal 8 Pebruari nanti, apakah input secara manual pihak kecamatan masih menunggu instruksi dari Bappeda.

“Terkait data valid usulan baru bisa diketahui pada tanggal 8 Pebruari nanti, ” tutup Yusak. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending