Connect with us

Berita Bulungan

Karena Situasi Kondisional SPOB Sibenua Baru Kaltara Terpaksa Angkut BBM ke Bulungan

Published

on

– AIS kapal dalam proses pendaftaran, diperkirakan seminggu kedepan sudah selesai.

TANJUNG SELOR – Pemilik Kapal atau Self Propelled Oil Barge (SPOB) Sibenua Baru Kaltara (SBK), menyebut pihaknya, Kamis, 20/10/2022 lalu terpaksa mengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) dari Tarakan menuju Bulungan karena situasi kondisional, lantaran angkutan BBM dari Berau , Kalimantan Timur, tak.bisa dilakukan karena jalan rusak, sehingga nyaris sempat terjadi kelangkaan BBM.

“Memang kita akui saat berlayar AIS dalam kondisi troble, namun karena mengingat untuk supply BBM ke Tanjung Palas Utara, Sekatak danTanjung Palas dan untuk mentasi kebutuhan Tanjung Selor satu-satunya jalan hanya melalui jalur laut maka SPOB Sibenua Baru Kaltara tetap berlayar, “ ujar Yans.

Menurutnya untuk AIS dimaksud saat ini masih dalam proses pengurusan. “Insha Allah seminggu paling lama AIS nya sudah selesai dan bisa difungsikan, “ tegasnya.

Ia juga menambahkan, beroperasinya SPOB Sibenua Baru untuk menanggulangi kelangkaan BBM yang nyaris terjadi kata Yans berulang-ulang menjelaskan, pengangkutan minyak ke Bulungan tersebut atas rekomendasi pihak Pertamina dan Perhubungan, yang tujuan nya untuk mengantisipasi kelangkaan BBM yang mulai dirasakan oleh masyarakat sebagai konsumen.

“Kenapa harus dioperasikan karena suplay minyak untuk Bulungan dari Berau yang melalui jalur darat saat itu tak bisa dilakukan lantaran kondisi jalan yang terganggu,. “ imbuh Yans lagi.

Kalau saja SPOB Sibenua Baru Kaltara tidak mengangkut BBM saat itu, kemungkinan sampai sekarang distribusi BBM nya akan terganggu serta butuh waktu untuk menstabilkan hingga normal Kembali seperti sedia kala.

“Karena sifatnya emergency kapal yang harus nya beroperasi seminggu lagi menunggu AIS maka diusahakan lah ada rekomendasi untuk sekali berlayar, namun dipermasalahkan, kuatirnya nanti kita tak bisa lagi membantu masyarakat untuk mengangkut BBM, “ tutup Yans. * jk.

DPRD Bulungan

Persoalan Ruas Jalan Tanjung Palas – Salimbatu Sudah Jadi Topik Diskusi Pemkab dan DPRD

Published

on

H Hamka M S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara

TANJUNG SELOR – Harapan agar ruas jalan Tanjung Palas – Salimbatu, Tanjung Palas Tengah, Bulungan segera ditingkatkan jadi jalan beraspal terus disuarakan oleh masyarakat pengguna jalan.

Mengingat aktifitas kendaraan yang lalu lalang dijalan tersebut akhir-akhir ini cukup padat. Seiring dengan perkembangan Salimbatu saat ini yang cukup pesat.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Bulungan, H Hamka S IP mengatakan, persoalan peningkatan ruas jalan Tanjung Palas – Salimbatu terus menjadi topik diskusi antara pemerintah dan DPRD Bulungan.

“Hasil diskusi saya beberapa waktu lalu dengan Bupati Bulungan terkait peningkatan jalan Salimbatu – Tanjung Palas sudah menjadi atensi pemerintah, ” ujar Hamka.

Selain ruas jalan tambah Hamka, beberapa jembatan penghubung juga perlu dibangun, agar keamanan dan kenyamanan masyarakat yang melintas dapat terjamin dengan baik.

Sesuai pengamatan secara kasat mata, drainase sepanjang ruas jalan juga perlu dibenahi, supaya aliran air menuju sungai Kayan dan anak sungai bisa lancar mengalir.

“Tidak semua ruas juga harus diaspal, ada beberapa bagian yang harus menggunakan konstruksi beton bertulang, terutama pada bagian ruas jalan yang terendam saat air pasang, ” tutup Hamka. * jk.

Continue Reading

Bulungan

Datu Buyung Minta Persoalan Kebun Plasma Warga Diselesaikan

Published

on

Drs Datu Buyung Perkasa M Pd Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Ketua Lembaga Adat Kesultanan Bulungan Drs Datu Buyung Perkasa M Pd, meminta kepada instansi terkait untuk segera menyelesaikan persoalan Kebun Plasma Kelapa Sawit antara pihak perusahaan dan warga sekitar wilayah perkebunan.

“Harapan kita persoalan Kebun Plasma warga ini bisa segera diselesaikan. Agar harmonisasi antara perusahaan dengan warga tersebut dapat terbangun dengan baik, ” kata Datu Buyung kepada media ini, Selasa 29/11/2022.

Jangan sampai karena masyarakat hanya menerima dampak yang merugikan mereka saja lantaran hutan yang sebelum digarap menjadi lahan kebun dapat menjadi sumber penghidupan, misal tempat mencari kayu dan berburu.

Datu Buyung Perkasa juga mengaku heran, terkait kemelut kebun Plasma masyarakat persoalan nya sudah lebih kurang 10 tahunan belum juga kunjung terselesaikan, bahkan masyarakat sudah puluhan kali meminta kepada DRPD untuk menjembatani masalah inu agar hak-hak mereka segera diserahkan oleh pihak perusahaan tak juga kunjung terealisasi.

Malahan bukan nya hak yang didapat melain kan warga sebagai mitra malah diberi catatan hutang saat membangun kebun. “Saya minta kalau bisa semua pihak melihat permasalahan ini menggunakan hati nurani. Kasihan warga kita yang berharap bisa menikmati hasil kebun plasma mereka, tapi belum kunjung kesampaian, ” tutup Datu Buyung Perkasa. * jk.

Continue Reading

Bulungan

PUPR Bulungan Sebut Perawatan Jembatan Salimbatu Masuk Tahap Kajian dan Konsultasi

Published

on

Ir. Aposto Lewira, ST, MAP,

TANJUNG SELOR – Kondisi jembatan penghubung Tanjung Palas – Salimbatu Kecamatan Tanjung Palas Tengah, yang disorot pengguna jalan diakui oleh Dinas PUPR Kabupaten Bulungan sedang dalam kajian dan konsultasi.

Jembatan Salimbatu.

Menurut Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Bulungan, Ir. Aposto Lewira, ST, MAP, mendampingi Kepala Dinas Ir Khaerul MT, Senin 28/11/2022 mengatakan, dengan konstruksi jembatan Salimbatu sudah mencapai lebih kurang 10 tahun, tentu dibutuhkan pemeliharaan rutin disana.

Selain itu, pada sisi kiri kanan jembatan dimaksud juga butuh dipasang rambu peringatan bagi pengguna jalan. Karena tak menutup kemungkinan kendaraan yang melintas jembatan melebihi batas maksimal.

Diketahui saat ini besi yang terhampar di landasan jembatan Salimbatu sudah banyak yang muncul kepermukaan. Sehingga butuh segera penanganan, dikuatirkan besi beton tersebut dapat mengganggu kendaraan yang melintas disana. * jk.

Continue Reading

Trending