Connect with us

Berita Bulungan

Aktifitas Trawl di Perairan Terbatas Bulungan Mulai Meresahkan Nelayan Tradisional

Published

on

M Fandi.

TANJUNG SELOR – Aktifitas penangkapan ikan, udang dan kerang darah (Tudai) dengan menggunakan jaring trawl alias pukat harimau diwilayah pesisir pantai kabupaten Bulungan oleh oknum nelayan diakui sangat berdampak terhadap nelayan tradisional yang beroperasi diperairan terbatas, serta membuat nelayan tradisional tersebut kian resah.

Hal itu disampaikan oleh M Fandi melalui pesan WhatsAPP salah satu warga yang pernah menjadi nelayan tradisional kepada media ini, Jumat 6/5/2022.

Lantaran sulitnya mendapatkan hasil tangkapan, ia mengaku jera melaut dan mencoba mencari pekerjaan lain. Sayangnya keinginan itu tidak sebanding dengan harapan, lantaran sulitnya mendapatkan kerja ditengah Pandemi Covid – 19 yang melanda hampir semua daerah di Indonesia tak terkecuali di Kabupaten Bulungan.

“Perlu ada respon cepat dari pemerintah untuk menanggapi keluhan kami putera daerah yang sulit untuk mendapat kan pekerjaan, ” ujar M Fandi dengan nada sedikit memelas.

“Untuk kembali melaut juga membutuhkan dana 20 hingga 30 juta rupiah guna melengkapi peralatan, dapat uang dari mana?, sementara kebutuhan ekonomi keluarga semakin meningkat, ” kata M Fandi.

Belum lagi ditambah dengan kenaikan BBM tertentu, ini saja sudah berdampak langsung terhadap rakyat kecil tak terkecuali para nelayan tradisional.

“Artinya pendapatan saat melaut tidak sesuai ongkos yang dipakai, ” imbuhnya.

Karena nya ia berharap ada perhatian pemerintah untuk melakukan penertiban terhadap aktifitas pukat trawl yang beroperasi diperairan terbatas dan sungai-sungai. Sebelum ekosistem alam atau habitat ikan, udang dan kerang darah yang ada saat ini bertambah rusak. *

Reporter : Sahri.

Pemkab Bulungan

Safari Ramadhan ke Salimbatu Bupati Syarwani Serahkan Sejumlah Bantuan

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Masjid Jabal Nur Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah menjadi tempat kegiatan Safari Ramadhan Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si beserta jajaran pada Senin, 26/3/2024.

Bupati juga berbuka puasa serta mengikuti sholat Tarawih bersama segenap unsur masyarakat Salimbatu.

Selain ibadah berjamaah, Bupati juga menyalurkan sejumlah bantuan. Bupati berharap, bantuan tersebut dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Bantuan yang disalurkan antara lain mesin ketinting, mesin diesel, perahu bak, jembatan jembara, benih ikan dan pakannya, hibah peralatan dan rehabilitasi rumah produksi UMKM, bantuan dari Baznas kepada anak yatim, serta penyaluran Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa.

Di ketahui, akhir-akhir ini desa Salimbatu terus berbenah, Selian sebagai pintu masuk atau piguranya kabupaten Bulungan bila kita melalui jalur perairan, desa ini juga merupakan desa tertua dimana pada masanya Salimbatu pernah menjadi pusat pemerintahan kesultanan Bulungan pada masanya.

Sebenarnya selain memiliki potensi perikanan, desa ini juga sudah layak menjadi desa wisata religi, mengingat kunjungan ke makam karomah Al Maghribi di desa tersebut cukup tinggi, tidak hanya pengunjung lokal bahkan pengunjung dari luar daerah juga banyak berkunjung ke desa tersebut.

Sayang nya menurut pantauan media ini, fasiltas penunjang untuk para pengunjung masih belum ada, sehingga membuat para penziarah tak ingin berlama- lama disana.

Untuk mendorong pembangunan fasilitas seperti pasar UMKM yang menjual kebutuhan para penziarah dan warung makanan terus disuarakan oleh DPRD. entah kenapa sampai saat ini belum ada tanda-tanda pasar dimaksud dibangun.

Tidak hanya itu, Wakil Ketua DPRD Bulungan H Hamka S IP, juga sudah mendesak disepanjang tepian desa Salimbatu dibangun taman yang lengkap dengan sarana olahraga joging track nya. Semoga saja rencana tersebut bisa direalisasi oleh pemerintah pada tahun anggaran 2024 ini. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

DPRD Bulungan Minta ULP Pemkab Segera Melaksanakan Proses Tender

Published

on

H Hamka M S IP Wakil Ketua DPRD Bulungan Provinsi Kalimantan Utara

TANJUNG SELOR – Untuk percepatan dan tercapainya target realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2024 ini. Wakil Ketua DPRD Bulungan H Hamka S IP, berharap Unit Layanan Pengadaan (ULP) segera bisa memulai proses tender.

“Kita sudah hampir memasuki triwulan dua, seharusnya lah sudah proses tender mulai dilaksanakan, agar kegiatan bisa selesai tepat waktu, ” ujar H Hamka S IP, kepada media ini, Kamis, 28/3/2024.

Selian itu tambahnya, bila seluruh kegiatan bisa terlaksana tepat waktu, berarti kita sudah terhindar dari Silva.

Menurut nya, sesuai hasil monitoring dewan, masih banyak kegiatan yang belum maksimal, baik proses lelang maupun kegiatan-kegiatan dilapangan.

Yang tidak kalah penting harap Hamka, seluruh kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat secara luas bisa disegerakan. Seperti pada proyek peningkatan jalan, pembangunan dermaga, sektor pendidikan maupun kesehatan, termasuk yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

Menyinggung komitmen Pemkab untuk menuntaskan pembangunan RS Pratama Bunyu, H Hamka menuturkan dirinya sangat sependapat sekali, apa lagi keberadaan sebuah rumah sakit merupakan kebutuhan yang vital bagi masyarakat.

Artinya dalam hal ini Pemkab tidak hanya semata terfokus pada penuntasan pembangunan RS Pratama saja. Yang tidak kalah penting bagaimana mempersiapkan SDM yang akan ditempat kan disana.

Mulai dari kesiapan tenaga dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, ahli gizi, tenaga perawat dan Bidan juga sudah mulai harus dipikirkan oleh pemerintah. * jk/kjs.

Continue Reading

Pemkab Bulungan

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Stadion Mini Tanjung Palas Oleh Bupati Bulungan

Published

on

Bupati Bulungan Provinsi Kalimantan Utara Syarwani S Pd M Si.

TANJUNG SELOR – Bupati Bulungan syarwani S Pd M Si bersama jajaran OPD terkait, dan Tokoh masyarakat, tokoh agama, melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Stadion Mini di Alun-alun Kecamatan Tanjung Palas, Minggu (24/3/24) Kemarin.

Stadion ini akan menjadi salah satu ikon kebanggaan bagi masyarakat Tanjung Palas dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan sarana olahraga, seni, budaya, serta hal-hal positif lainnya di kawasan tersebut.

Perencanaan pembangunan stadion mini selaras dengan salah satu misi pembangunan di Kabupaten Bulungan yaitu meningkatkan kualitas SDM yang sehat, cerdas, berkarakter dan berdaya saing.

Dalam konteks ini, pembangunan stadion juga akan menjadi salah satu faktor yang berperan dalam menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan bermartabat.

Selain sarana untuk kegiatan olahraga, stadion mini tersebut juga dapat digunakan untuk kegiatan seni, budaya serta hal-hal positif lainnya. Dengan demikian, stadion mini ini diharapkan akan menjadi pusat kegiatan masyarakat Tanjung Palas dan mendorong adanya kegiatan positif yang dapat memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat.

“Saya mohon doa dan dukungan segenap unsur masyarakat, agar pembangunan stadion mini tersebut dapat berjalan lancar, terwujud dengan baik serta memberikan manfaat yang optimal ke masyarakat. ” Kata Syarwani.

Pembangunan stadion ini merupakan suatu prestasi yang luar biasa bagi kawasan ini dan merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah daerah terhadap masyarakatnya.

Mari kita dukung dan kawal pembangunan stadion mini di Tanjung Palas dan berharap agar stadion tersebut dapat menjadi salah satu pusat kegiatan masyarakat di kawasan tersebut serta dapat memberikan manfaat yang optimal bagi seluruh masyarakat kabupaten Bulungan khususnya Tanjung Palas. * bs/jk/kjs.

Continue Reading

Trending