Connect with us

Berita Bulungan

Bulungan Terapkan Teori Pengairan Sawah Menggunakan Sumur Bor

Published

on

drh Achmad Yani Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Bulungan (kiri), menyerahkan.secara simbolis sumur bor ke petani desa Pimping, kecamatan Tanjung Palas Utara.

TANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, terus memacu sektor Pertanian dan Perkebunan dalam rangka mendukung penguatan ketahanan pangan daerah khususnya dan nasional pada umum nya.

 

Untuk mencapai sasaran, tahun anggaran 2021, melalui pos anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK), telah dibangun 7 unit sumur bor dibeberapa kecamatan. Untuk membantu mengairi areal persawahan indeks pertanaman (IP) lebih dari satu kali musim tanam dalam satu tahun.

“Kegiatan jaringan irigasi air tanah (JIAT)– sumur bor, merupakan Kegiatan di Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian di Dinas Pertanian melalui anggaran yang bersumber dari APBD TA. 2021, DAK Fisik Bidang Pertanian, ” ujar drh Achmad Yani, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupten Bulungan, mengawali sambutan nya, diacara peresmian sumur bor didesa Wonomulyo, kemarin.

Antara lain, sumur di kecamatan Tanjung palas utara
Yaitu di Gapoktan Rahayu, Desa Silva Rahayu; gapoktan Makadak desa Kelubir, dan Gapoktan Pemung Tawai desa Pimping

Sumur di kecamatan Tanjung Palas
Yaitu di Gapoktan Sukorejo desa Gunung Putih dan Kelompok Tani Karya Tani Bira Desa Antutan.

Sumur di kecamatan Tanjung Palas Timur,
Yaitu Gapoktan Puji lestari desa wonomulyo dan Gapoktan Harapan Makmur desa Sajau Hilir.

Disamping dapat meningkatkan IP dan mengubah status lahan pertanian tadah hujan menjadi lahan pertanian dengan irigasi teknis. Upaya intensifikasi ini juga dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian, secara umum baik tanaman pangan, hortikultura maupun peternakan, bahkan untuk budidaya perikanan air tawar.

Manfaat lain sumur bor ini adalah untuk dapat mendukung pemenuhan kebutuhan air baku/ air bersih untuk masyarakat, sehingga perlu dilakukan uji kualitas air untuk itu.

Dalam rangka Mewujudkan Kabupaten Bulungan Yang Berdaulat Pangan, Maju Dan Sejahtera. Demikian visi Bulungan saat ini, Dinas Pertanian menjadi salah satu OPD teknis dengan tugas terberat untuk mewujudkan kedaulatan pangan.

Tentunya harapan kedepan bahwa perhatian pemerintah daerah untuk mendukukung visi misi dapat disinergikan dengan seluruh stakeholder baik birokrasi, legislasi, akademisi, swasta, bahkan masyarakat secara luas dalam rangka mendukung upaya peningkatan produktivitas pertanian kabupaten Bulungan tersebut.

Reporter : Anto.
Editor.     : Sahri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPRD Bulungan

Anggota DPRD Bulungan Masa Bakti 2024 – 2029 Akan Dilantik di Gedung Dewan

Published

on

Chass Darmawan Sekretaris DPRD Bulungan.

TANJUNG SELOR – Pelantikan anggota DPRD Bulungan terpilih masa bakti 2024 – 2029 akan dilaksanakan diruang sidang Datu Adil melalui rapat Paripurna dewan, serta dijadwalkan pada tanggal 12 Agustus 2024 yang akan datang

Perihal itu disampaikan oleh Chass Darmawan, Sekretaris DPRD Bulungan kepada media ini, Senin, 22/7/2024.

Secara administrasi lanjutnya, semua sudah disiapkan, termasuk laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) masing-masing anggota.

“Dimana seluruh persyaratan itu sudah pula disampaikan ke KPU Bulungan, ” ucap Chass.

Termasuk kepada pihak-pihak terkait lain nya sudah juga dilakukan koordinasi dimaksud. Demikian pula untuk kelengkapan pakaian dinas seperti PSLdan lain sebagainya sudah disiapkan.

Terkait jumlah undangan berapa orang belum direkap secara keseluruhan. Namun jumlahnya tetap menyesuaikan kapasitas ruangan pelantikan.

“Sebagai pemandu sumpah tetap dilakukan oleh Kepala Pengadilan Negeri Tanjung Selor, ” imbuhnya.

Surat sudah dilayangkan kan, tapi tetap akan di koordinasikan kembali pada H – 7 pelantikan. “Yang pasti jadwal tetap dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus, dan itu sampai saat ini belum ada perubahan, “.tutup Chass.Darmawan. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

Berharap Perbaikan Jalan Sabanar Baru Padaelo Tanjung Selor

Published

on

Joko Susilo Weliyanto Anggota DPRD Bulungan.

TANJUNG SELOR – Kerusakan jalan dari Sabanar Baru menuju jalan Padaelo Kelurahan Tanjung Selor Hilir kecamatan Tanjung Selor diharapkan segera dilakukan perbaikan, agar memudahkan warga yang ingin menuju pelabuhan speed boat Tanjung Selor – Tarakan.

Harapan tersebut di sampaikan oleh Joko Susilo Welianto anggota DPRD Bulungan kepada media ini beberapa waktu lalu.

“Jalan ini merupakan satu-satunya jalan pendekat bagi warga Selimau untuk menuju pelabuhan maupun ke pasar Induk untuk berbelanja kebutuhan se hari-hari, ” ujar Joko.

Ia menambahkan, dengan baiknya akses jalan tersebut tidak saja memudahkan masyarakat akan tetapi secara langsung dapat memacu roda perekonomian.

“Dengan sendirinya juga warung dan usaha jasa lain nya akan tumbuh dengan sendiri nya, ” tutup Joko Susilo Welianto. * jk/kjs.

Continue Reading

DPRD Bulungan

H Hamka Hadiri Acara Silaturahmi dan Halal Bi Halal Jemaah Haji Bulungan

Published

on

H Hamka S IP, MH. Wakil Ketua DPRD Bulungan.

TANJUNG SELOR – Wakil Ketua DPRD Bulungan H Hamka, S IP, MH, Sabtu 13/7/2024 berkesempatan menghadiri undangan silaturahmi dan halal BI halal jemaah Haji, diruang serba guna Tenguyun kantor Bupati Bulungan.

Acara dengan tema “Raih Haji Mabrur” tersebut dihadiri oleh para jamaah dan sejumlah tamu undangan.

Jemaah Haji Kabupaten Bulungan.

“Mudahan menjadi haji yang mabrur dan tetap mendoakan kabupaten Bulungan khususnya dan Kalimantan Utara pada umum, agar tetap aman dan terus melaksanakan pembangunan disegala bidang, ” ucap H Hamka.

Di bagian lain ia juga mengimbau, agar seluruh lapisan masyarakat terus menjaga kerukunan dan keamanan diwilayah nya masing-masing. Khususnya dalam menghadapi Pilkada yang sebentar lagi dilaksanakan. * jk/kjs.

Continue Reading

Trending