Connect with us

Berita Nasional

Kaltara Masih Berada di Level Komunitas Virus Corona Sedang

Published

on

Ir Dedy Yevri Hanteru Sitorus MA anggota Komisi VI DPR RI Dapil Kaltara..

– Deddy Sitorus minta Pemprov, Pemkab dan Pemkot genjot vaksinasi

JAKARTA – Sorotan Badan Kesehatan Dunia (WHO), Kalimantan Utara sebagai satu-satunya provinsi di Indonesia dengan level transimisi komunitas virus Corona sedang alias CT2 jadi perhatian Ir Deddy Yevri Hanteru Sitorus MA (Deddy Sitorus), anggota DPR RI, Dapil Kaltara.

Menurut Deddy, mengutif media CNN Nasional, selama tanggal 18 sampai dengan 24 Oktober, Kalimantan Utara adalah satu-satunya Provinsi dengan komunitas tingkat sedang (CT2). Dengan insiden 24,1 per 100.000 penduduk.

“Jadi berdasarkan pedoman sementara dari WHO, temuan ini mengindikasikan ada resiko sedang infeksi Covid – 19 untuk populasi umum di Kaltara. Serta insiden moderat dari kasus yang didapat secara lokal dan tersebar luas yang terinfeksi dalam periode dua pekan sebelumnya, ” papar Deddy Sitorus

Karena nya kita berharap Lanjut Deddy lagi, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota di Kalimantan Utara terus menggenjot vaksinasi, mengawasi Prokes ditempat-tempat umum seperti pasar dan pelabuhan. Serta mengawasi lalulintas buruh migran, memperbanyak tracing dan tempat isolasi.

“Terutama didaerah Nunukan yang jadi pintu masuk BMI, ” tegas Deddy Sitorus.

Menyoal upaya jatah vaksin unruk Kalimantan Utara?, Ia mengatakan, saat ini pihaknya sudah membawa 33.000 dosis.

“Tapi sayang ada satu daerah yang tidak berkenan untuk berkerjasama menyalurkan vaksin dengan berbagai alasan, ” ujar Deddy lagi tanpa menyebut nama daerah dimaksud. *

Reporter : Sahri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

6 Anggota PWI Bontang Ikuti Try Out SIWO PWI Kaltim di Kalsel

Published

on

Anggota PWI Bontang Kalimantan Timur.

BANJARMASIN – Sebanyak 6 anggota PWI Bontang bersama kontingen atlet Porwanas PWI Kalimantan Timur (Kaltim) menunjukkan performa gemilang dalam uji tanding melawan PWI Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin.

Pertandingan yang berlangsung selama dua hari, 17-18 April 2024, menjadi ajang pemanasan dan evaluasi bagi Kaltim sebelum bertarung di Porwanas, Agustus mendatang.

Mereka adalah; Mawan (Cabor bulutangkis), Jumardi Salam (cabor catur), Riyadi (Cabor Futsal), Amril Ashar (cabor Futsal), Fahmi Fajri (cabor fotografi), Fajri Sunaryo (Cabor Menulis).

Beberapa cabang olahraga Kaltim menunjukkan performa yang luar biasa dan berhasil meraih kemenangan telak. Seperti Tenis Meja Tunggal dan Ganda Putra dengan skor 6-1 atas PWI Kalsel, Tenis Lapangan Ganda Putra dengan skor 6-5 dan 6-1, dan Bridge menang meyakinkan dengan skor 16-4. Kemenangan ini menjadi bukti tekad kuat Kaltim untuk mengulang prestasi gemilang di Porwanas.

Meskipun tidak semua cabang olahraga meraih kemenangan, Kaltim menunjukkan semangat pantang menyerah dan kerja keras tim yang patut diapresiasi. Di beberapa cabang olahraga lain, Kaltim harus mengakui keunggulan Kalsel dengan selisih tipis, seperti di Futsal, Domino, Bilyard, Catur, dan Badminton Ganda Putra.

Sementara itu, untuk lomba karya jurnalistik, kontingen Kaltim melakukan seleksi internal. Dari tiga nama yang menjadi jawara di powarda mendapatkan pembekalan selama di Kalsel. Baik itu fotografi maupun penulisan berita.

“Alhamdulillah, semua cabang olahraga sudah dipertandingkan. Ada yang menang dan kalah, ini hal biasa dalam pertandingan. Tentunya akan terus kami evaluasi dan tingkatkan. Masih ada waktu untuk berbenah dan mempersiapkan semaksimal mungkin menuju Porwanas bulan Agustus mendatang,” kata Plt Ketua PWI Kaltim Achmad Shahab.

Shahab yakin tim Kaltim mampu mempertahankan prestasi mereka di Porwanas, seperti saat meraih peringkat 10 besar di Porwanas Jawa Timur dan Bandung beberapa tahun lalu. Ia pun menyemangati para atlet untuk terus berlatih lebih giat dan pantang menyerah.

Rombongan atlet Porwanas PWI Kaltim dijadwalkan kembali ke Samarinda pada hari Jumat, 19 April 2024. Kemenangan ini menjadi momentum positif bagi Kaltim untuk terus berbenah dan mempersiapkan diri menghadapi Porwanas. Semangat pantang menyerah dan kerja keras tim Kaltim diharapkan mampu membawa mereka meraih prestasi gemilang di ajang nasional tersebut. * jb/dado/jk.

Continue Reading

Nasional

Otoritas Penerbangan Diminta Waspada, Letusan Gunung Ruang di Sulawesi Utara dapat Merusak Badan Pesawat

Published

on

Gunung Ruang di Sulawesi Utara saat erupsi.

JAKARTA – Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto menjelaskan erupsi Gunung Api Ruang yang terletak di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara memiliki dampak bagi dunia penerbangan. Musababnya, Volcanic Ash (VA) yang terlontar ke udara dapat merusak badan pesawat dan fungsi baling-baling pada pesawat turboprop atau mesin jet dalam pesawat turbofan. “Oleh karena itu, deteksi dini dan informasi cuaca penerbangan sangat penting untuk keselamatan penerbangan,” kata Guswanto di Jakarta, Jumat (19/4/2024).

Sejak pertama kali letusan, Meteorological Watch Office (MWO) Ujung pandang yang berada di Stasiun Meteorologi Sultan Hasanuddin, Makassar setidaknya telah menerbitkan SIGMET VA sebanyak 18 kali. Serta Aerodrome Warning VA telah diterbitkan oleh Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi pada 18 April 2024 01.00 UTC (09.00 WITA).

SIGMET VA merupakan salah satu jenis SIGMET yang dikhususkan untuk memberikan informasi perihal sebaran abu vulkanik. Data tersebut di keluarkan BMKG untuk menjamin keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan panduan bagi penerbangan yang melewati daerah terdampak. Menurut Volcanic Ash Advisory Centre (VAAC) Darwin, sebaran letusan abu vulkanik gunung Ruang teramati melalui citra satelit dan diprediksi berdampak ke ruang udara penerbangan sekitar gunung.

Ruang udara yang dapat terdampak antara lain Provinsi Maluku Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah bagian utara, dan sebagian Pulau Kalimantan. Sementara, Volcano Observatory Notice for Aviation (VONA) yang terbit ketiga pada 17 April 2024 pukul 20:15 WITA mencatat ketinggian letusan abu vulkanik Gunung Ruang mencapai 3.725 Mdpl dengan status oranye. Artinya, gunung menunjukkan aktifitas meningkat dengan kemungkinkan peningkatan letusan dengan tinggi kolom di bawah 6.000 Mdpl.

Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan Achadi Subarkah Raharjo mengatakan sebaran debu vulkanik terdeteksi ke arah Barat – Barat Laut dan Timur – serta Tenggara. Berdasarkan hasil laporan, terjadi penutupan di Bandar Udara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara dan terdapat laporan paper test VA positif di Bandara Kuabang, Maluku Utara. Berdasarkan hasil paper test, pada 19 April 2024 masih ditemukan abu vulkanik positif di Aerodome Bandara Sam Ratulangi meskipun tidak setebal pada 18 April 2024.

Menindaklanjuti data tersebut dan berkoordinasi oleh seluruh setakholder penerbangan maka diputuskan untuk memperpanjang penutupan bandara hingga hari ini. “Dan terus memantau perkembangan sebaran abu vulkanik ke depan dari data informasi yang dikeluarkan oleh BMKG,” katanya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Dhira Utama menjelaskan BMKG telah mengeluarkan Aerodome Warning atau Peringatan Dini Cuaca Bandara pada 06.30 WITA, di mana abu vulkanik teramati dengan jarak pandang mendatar 10 KM dan kondisi ini diprakirakan akan berlangsung hingga 16.10 WITA dengan tendensi melemah.

Oleh karenanya, pihak maskapai penerbangan diimbau untuk update informasi dampak sebaran abu vulkanik secara berkala. Hal ini menjadi penting dan dapat dijadikan data acuan untuk menentukan rute penerbangan dan menghindari wilayah-wilayah udara yang terdampak dari letusan Gunung Ruang. Pun, BMKG terus mengantisipasi perkembangan sebaran abu vulkanik Gunung Ruang dengan pemantauan berdasarkan citra satelit, pemodelan, dan pengamatan langsung atau paper test di bandara.

Informasi dan data ini akan diupdate secara berkala dan dapat diakses oleh pihak otoritas terkait. “Kolaborasi antar negara dan wilayah penting untuk meningkatkan kesadaran situasional akan letusan gunung berapi dan penyebabnya,” pungkasnya.(bmkg)

Continue Reading

Nasional

Aiptu Supriyanto Dapat Hadiah Sekolah Perwira

Published

on

Aiptu Supriyanto.

— Usai kembalikan uang milik pemudik Rp100 juta.

LAMPUNG – Kapolda Lampung Irjen. Pol. Helmy Santika memberikan penghargaan kepada anggota Polres Lampung Tengah Aiptu Supriyanto atas aksi heroik kepada pemudik. Dia mendapatkan apresiasi atas pengembalian uang senilai Rp100 juta yang tertinggal di rest area.

Irjen. Pol. Helmy kemudian memberikannya hadiah kesempatan sekolah perwira. Sebab, Aiptu Supriyanto dipandang memiliki kejujuran dan profesionalisme sebagai dedikasi serta integritas tinggi saat bertugas.

“Kapolda bangga dengan keberanian dan kejujuran Aiptu Supriyanto. Tindakannya tidak hanya mencerminkan profesionalisme, tetapi juga menegaskan komitmen Polri untuk melayani dan melindungi masyarakat dengan segenap hati,” ujar Kabid Humas Polda Lampung Kombes. Pol. Umi Fadilah mengutip pernyataan Kapolda Lampung, Selasa (16/4/24).

Hadiah sekolah perwira Pendidikan Alih Golongan (PAG) Polri itu pada akhir 2024.

“Kapolda yakin bahwa Aiptu Supriyanto adalah calon pemimpin yang berpotensi dan memiliki kemampuan untuk memberikan kontribusi yang besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Lampung,” ungkap Kabid Humas.

Dengan penghargaan ini, Kapolda Lampung berharap tindakan yang dilakukan Aiptu Supriyanto akan menjadi inspirasi bagi seluruh anggota kepolisian di Lampung dan juga masyarakat umum. Apa yang dilakukannya, dapat mencontohkan orang lain untuk selalu bertindak dengan jujur dan integritas, serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya apresiasi dari Kapolda Lampung, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh anggota yang telah bertugas mengamankan mudik Lebaran 2024. Jenderal Sigit berharap, apa yang dilakukan semua anggota dapat menjadi ladang ibadah dan ampunan dari Allah SWT.

“Saya berterima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel di lapangan yang telah bekerja keras penuh keikhlasan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama bulan suci,” ungkap Jenderal Sigit.

Diberitakan sebelumnya, seorang anggota Polri yang berjaga di Rest Area KM 116 A Tol Trans Sumatera wilayah hukum Polres Lampung Tengah, Aiptu Supriyanto menemukan tas pemudik yang tertinggal di toilet, pada Minggu (14/4/24). Tas pemudik yang tertinggal di paku tembok toilet ternyata berisi uang ratusan juta pecahan uang Rp100 ribuan, Paspor dan HP.

Saat menemukan tas tersebut, Aiptu Supriyanto tak berani membuka sendirian. Ia membawanya ke pos untuk diperiksa bersama security dan OB Rest Area.

Aiptu Supriyanto kemudian mengumumkannya menggunakan TOA masjid di Rest Area setempat didengar oleh pemilik tas, dan mencoba menghubungi ke nomor kerabat yang ada. Setelah tersambung, Aiptu Supriyanto bertemu dengan pemilik di Masjid Rest Area lalu mengembalikan tas pemudik itu.

Diketahui, pemilik tas tersebut adalah Sukisno (55) pemudik yang hendak pulang ke Belitang, Sumatera Selatan, setelah bersilaturahmi ke Pulau Jawa. Sukisno dan keluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada Aiptu Supriyanto yang telah menemukan dan mengembalikan tasnya.

“Terimakasih banyak Pak. semoga Bapak senantiasa diberikan keberkahan, kesehatan dan keselamatan oleh Allah SWT saat melaksanakan tugas melayani masyarakat,” ujar Sukisno. **.

Continue Reading

Trending