Connect with us

Berita Ragam Kaltara

“Titik Badan” Dan “Kutika” Isarat Sakral Orang Tidung Kaltara

Published

on

“Titik Badan” adalah jenis suara atau isarat yang masih dipercaya oleh orang Tidung dibeberapa tempat apa bila berbunyi, baik untuk pertanda kebaikan maupun pertanda sebuah keburukan bila dilanggar.

Dimana suara “Titik Badan” dianggap sangat menentukan keberhasilan atau gagalnya suatu misi yang dilaksanakan. Baik misi berusaha untuk penghidupan keluarga, maupun ketika terjadinya perang Ayau atau Mengayaw tempo dulu sebelum adanya pemerintahan resmi, baik dimasa pemerintahan kesultanan atau raja-raja maupun sistem pemerintahan sekarang.

Bunyi “Titik Badan” yang baik adalah yang hanya berbunyi sekali atau dua kali. Namun bila suaranya sambung menyambung maka si yang empunya misi harus segera kembali berbalik kearah semula, karena bila dipaksakan dipercaya akan timbul musibah yang besar.

Tidak hanya suara “Titik Badan”, orang Tidung juga masih percaya dengan “Kutika” atau hitung-hitungan bila ingin bepergian untuk berusaha mencari penghidupan.

Biasanya setelah menghitung “Kutika” dengan hitungan bilangan tertentu, baik hari maupun jam keberangkatan sudah bisa terlihat sesuai ramalan, Kutika ini juga dianggap sangat menentukan sebuah keberhasilan.

Sesuai semboyan “Intimung Taka Tagas Insuai Taka Tapu” secara perlahan tapi pasti generasi muda Tidung kian mampu menjawab tantangan jaman melalui percepatan Sumber Daya Manusia (SDM) disegala bidang. *

Penulis : Sahri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ragam Kaltara

Bid Dokkes Polda Kaltara Laksanakan Pemeriksaan Kesling Untuk  Personel Yang Terlibat Pam TPS

Published

on

Pengecekan kesehatan untuk personel Pam TPS dilapangan.

TANJUNG SELOR – Bid. Dokkes Polda Kaltara melaksanakan Kegiatan Pelayanan dan Pemeriksaan Kesehatan keliling (Kesling) Terhadap Personel Polri yang terlibat Pengamanan TPS di wilayah Tanjung Palas dan sekitarnya, Kamis (15/02/2024)

Kegiatan yang dilakukan berupa Pemeriksaan kesehatan ( tensi ) terhadap Personel dan Pemberian vitamin ataupun obat sesuai dengan keluhan jika ditemukan Personel yang sakit.

Personel Bid. Dokkes memberikan pelayanan kesehatan kepada Personel yang sedang melaksanakan rangkaian kegiatan penjagaan dan pengamanan kegiatan Operasi Mantap Brata Kayan 2023-2024 khususnya Tahap Pungut dan Hitung Suara Pemilu 2024.

Upaya yang dilakukan sebagai bentuk komitmen Polda Kaltara khususnya Bid. Dokkes mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 dengan memastikan petugas yang terlibat pengamanan dan penyelenggara pemilu, semuanya dalam kondisi sehat dan siap menjalankan tugasnya.

Kesehatan adalah aset berharga, Dengan memberikan bekal kesehatan dan pemeriksaan kesehatan, Kami berharap Personel yang bertugas dapat menjalankan tugasnya dengan optimal dengan kesehatan yang prima.

Kesejahteraan dan kesehatan Personel diharapkan dapat menjadi landasan kuat untuk memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik kepada masyarakat dan memastikan jalannya Pemilu dengan aman dan tertib. **.

Continue Reading

Ragam Kaltara

Jaga Kedisiplinan Personil, Polda Kaltara Lakukan Pengecekan Kelengkapan Kendaraan

Published

on

Kelengkapan kendaraan personel Polda kaltara tengah dilakukan pengecekan.

TANJUNG SELOR – Polda Kalimantan Utara, Dalam Upaya menjaga kedisplinan anggota di Polda Kaltara, Bidpropam dan Ditlantas Polda Kaltara laksanakan penegakkan ketertiban dan kedispilanan (Gaktibplin) Rabu(12/07/2023).

Dalam kegiatan tersebut anggota Provos dan Ditlantas Polda Kaltara melakukan pengecekan kelengkapan administrasi personel, pengecekan kendaraan bermotor pribadi maupun dinas yang dipergunakan oleh masing-masing anggota.

Kegiatan Gaktiblin ini merupakan bentuk pengawasan terhadap seluruh personil Polri serta merupakan tugas pokok dari personil Propam dan Ditlantas Polda Kaltara untuk mengecek kelengkapan dari kendaraan personil.

Di lakukannya penertiban di internal kepolisian terlebih dahulu sebelum kita menertibkan masyarakat, jadi kita selaku penegak hukum harus terlebih dahulu menunjukan ketertiban baik dari segi surat meyurat berupa SIM dan STNK kendaraan serta surat menyurat lainnya, serta harus menggunakan Helm yang SNI.

Pemeriksaan gaktiblin merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan anggota sebagai bentuk pengawasan internal kepada seluruh personil Polri sebagaimana perintah pimpinan.

Dari pelaksanan Gaktiblin rutin ini, diharapkan rekan-rekan personil dapat berdinas di Kepolisian dengan tetap mentaati aturan disiplin sesuai dengan peraturan yang berlaku. **.

Continue Reading

Ragam Kaltara

Pengumuman Kehilangan

Published

on

Sertifikat tanah tercecer.
Continue Reading

Trending